Fenomena 'Phubbing', Gila Gadget Sampai Jadi Antisosial

- Senin, 28 Oktober 2019 | 15:00 WIB
photo/Ilustrasi/sierranevada.edu
photo/Ilustrasi/sierranevada.edu

Sudah pernahkah kamu mendengar atau tahu tentang fenomena 'phubbing'? Kalau belum, kali ini Indozone akan membahas seputar 'phubbing', mulai dari dampak dan cara mengatasinya.

Phubbing (kependekan dari 'phone-snubbing') adalah istilah untuk menjelaskan tindakan acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan, karena lebih fokus pada gadget daripada membangun sebuah percakapan. Kata 'phubbing' pertama kali dicetuskan oleh tim pakar bahasa yang menyusun Direktori McCann dan Macquarie tahun 2012.

Istilah ini mencuat seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai akhir-akhir ini. Semua orang cenderung lebih asyik dengan gadgetnya masing-masing, ketimbang memerhatikan lingkungan sekitarnya.

-
photo/Ilustrasi/oaxacanoticias.mx

Disadari atau tidak, kita mungkin pernah menjadi salah satu orang yang melakukan 'phubbing', termasuk ketika berkumpul bersama sahabat, saudara, atau bahkan keluarga. Seolah-olah gadget adalah segalanya, menjadi teman dari bangun tidur hingga pergi tidur.

Dampak Phubbing

Kebiasaan phubbing akan berdampak buruk jika dibiarkan terus-menerus, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hal tersebut dikarenakan pecandu gadget akan sulit menjalani kehidupan nyata, perhatiannya hanya tertuju pada dunia maya. Hingga akhirnya membuat seseorang menjadi antisosial.

Pakar hubungan dari The Hart Centre Australia, Julie Hart menjelaskan bahwa phubbing bisa menimbulkan berbagai faktor dalam hubungan antar individu. Di antaranya, tidak terjadi interaksi dua arah antara individu satu dan lainnya, serta membuat salah satu individu merasa terabaikan. 

-
photo/Ilustrasi/Friends 6.0

Menurut pendapat lain, phubbing bisa mengancam putusnya ikatan hubungan dalam keluarga, persahabatan, bahkan relasi yang dijalin. Perilaku phubbing yang cenderung mengabaikan orang lain ketika sedang bersama, akan mengancam ketidakpercayaan orang.

Tips Berhenti Berperilaku Phubbing

Bermain gadget tentu sah-sah saja, tapi jika dilakukan di tempat dan waktu yang mengharuskan kamu untuk bersosialiasi di dunia nyata, tentu tidaklah baik. Sebelum kamu terjebak dalam perilaku phubbing, ada baiknya segera diantisipasi. Berikut ini tips berhenti berperilaku phubbing, seperti dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (28/10):

1. Puasa Media Sosial

-
photo/Ilustrasi/merriam-webster.com

Ketika kamu berencana pergi hangout atau berkumpul bersama orang-orang terdekatmu, seperti sahabat atau keluarga, sebaiknya lakukan 'puasa' media sosial selama momen tersebut. Kamu bisa mematikan semua notifikasi dari media sosial yang terpasang di gadget-mu. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan meluangkan waktu untuk orang-orang di sekitar.

2. Kumpulkan Handphone Ketika Berkumpul

-
photo/Ilustrasi/bioguia.com

Ide bagus jika kamu berinisiatif membuat aturan baru ketika momen berkumpul bersama kerabat yaitu mengumpulkan gadget masing-masing. Jika ada salah satu orang yang tidak tahan dan mengambil gadget-nya terlebih dahulu, maka dia berhak mendapat hukuman yang telah disepakati bersama di awal.

3. Jauhkan Gadget

-
photo/Ilustrasi/Pixabay

Dengan menjauhkan gadget dari dirimu, maka perilaku phubbing sangat mudah dihindari. Mungkin ini memang terlihat cukup ekstrem, tapi cara ini terbilang efektif. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X