Indonesia Masuk 10 Besar Eksportir Perhiasan Dunia

- Minggu, 29 September 2019 | 12:36 WIB
Pameran Perhiasan (Kemenperin)
Pameran Perhiasan (Kemenperin)

Pemerintah mencatat, nilai ekspor produk perhiasan Indonesia mampu menembus hingga US$2,05 miliar sepanjang tahun 2018. Beberapa negara menjadi peminat perhiasan dalam negeri, antara lain ke Singapura, Swiss, Hongkong, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

"Negara-negara tersebut mendominasi hingga 93,02 persen dari total ekspor produk perhiasan nasional,” ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemeperin Gati Wibawaningsih.

Saat ini Indonesia menempati peringkat ke-9 dunia sebagai eksportir perhiasan dengan pangsa pasarnya lebih dari 4 persen di kancah global. Pemerintah terus memperluas akses pasar di kancah global, agar bisa menggenjot laju pertumbuhan industri perhiasan dalam negeri.

Salah satu langkahnya, Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) perhiasan untuk ikut serta pada ajang bergengsi, yakni Hongkong Jewellery and Gem Fair 2019.

Pihaknya memboyong sebanyak enam pelaku IKM perhiasan nasional untuk
mejeng di pagelaran tingkat internasional tersebut. Keenam IKM yang tampil adalah Yani Silver, Dian Silver, Ragendamop Jewellery, P3GAI, Vite Jewellery dan Prato.

Ia menegaskan, melalui partisipasi di ajang tersebut, bisa menjadikan peluang bagi para pelaku IKM perhiasan nasional untuk terus meningkatkan produktivitas dan memperluas pasar eskpornya.

"Ini sejalan dengan program prioritas pemerintah saat ini guna memacu devisa dan menekan defisit neraca perdagangan. Apalagi, kita didukung dengan kondisi perekonomian yang cukup stabil dan perbaikan iklim investasi yang kondusif," katanya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X