Riset: Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan Buat Umur Lebih Panjang
ilustrasi/medium
News

Riset: Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan Buat Umur Lebih Panjang

Rabu, 18 September 2019 11:45 WIB 18 September 2019, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian orang, memutuskan untuk bangun pagi di akhir pekan supaya bisa berolahraga. Namun di sisi lain, orang yang bangun lebih siang di akhir pekan dianggap sebagai orang yang malas.

Tapi taukah kamu ternyata tidur lebih lama di akhir pekan bisa meningkatkan peluang seseorang memiliki umur yang lebih panjang. Hal ini cocok untuk seseorang yang sibuk bekerja dan kekurangan waktu istirahat.

tidur
ilustrasi/pexels

Menurut sebuah penelitian, tidur lebih lama saat akhir pekan lebih baik karena dapat memperpanjang usia. Penelitian yang melibatkan 38.015 orang selama 13 tahun ini menggunakan daftar kematian nasional.

Mereka dibagi menjadi 2 kelompok yaitu yang berusia di bawah 65 tahun dan di atas 65 tahun. Jam tidur yang idel per harinya berkisar dari 6 hingga 7 jam.

tidur
ilustrasi/pexels

Penelitian ini juga menggunakan syarat lainnya, yaitu berdasarkan dari jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok, aktivitas fisik dan kerja shift.

Dari penelitian tersebut terlihat bahwa seseorang yang berada di bawah 65 tahun dan hanya tidur 5 jam atau kurang baik selama hari kerja atau akhir pekan memiliki tingkat kematian sebesar 65%. Angka ini lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur selama 6 hingga 7 jam per malam.

tidur
ilustrasi/pexels

Menariknya, ada kelompok usia yang sama dan tidur lebih lama di akhir pekan namun tidak mengalami risiko kematian. tubuh dianggap seolah-olah tidur secara konsisten selama 6 hingga 7 jam sehari. Hal ini bisa dilakukan dengan tidur lebih lama di akhir pekan.

Sayangnya, hasil penelitian ini tidak berlaku untuk mereka yang berusia 65 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan orang lebih tua sudah melakukan tidur yang dibutuhkan untuk mencapai titik tersebut.

 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri
Putri

Putri

Writer
Putri

Putri

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US