The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jokowi Tolak Bantuan Malaysia untuk Padamkan Karhutla
Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9). (Antara/Puspa Perwitasari).
News

Jokowi Tolak Bantuan Malaysia untuk Padamkan Karhutla

Jumat, 20 September 2019 14:55 WIB 20 September 2019, 14:55 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo menolak bantuan dari Pemerintah Malaysia untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang tengah terjadi di Pulau Sumatra dan Kalimantan. 

Fakta itu diungkapkan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, ketika ditanya wartawan dalam sebuah konferensi pers, di Putrajaya, Kamis (19/9). 

Mahathir tidak mengetahui alasan Jokowi menolak bantuan dari Pemerintah Malaysia. Padahal, negeri Jiran memiliki sejumlah peralatan untuk menjinakkan api, misalnya menggunakan drone untuk membuat hujan buatan. 

"Silahkan tanya (Jokowi) mengapa Anda tidak ingin menerima bantuan kami? Namun, saya tidak pernah melakukannya (bertanya soal itu kepada Jokowi)," kata Mahathir dikutip dari Free Malaysia Today.

Wartawan Malaysia pun bertanya soal cara Malaysia mengatasi karhutla. Mahathir pun menjawab dengan melakukan pemadaman api dari hujan hingga pencegahan dampaknya kepada masyarakat.

"Kami berdoa semoga hujan. Kami mencoba melakukan penyemaian awan (modifikasi cuaca) dan meminta orang mengenakan masker," tutur Mahathir. 

Hembusan angin selatan membuat kabut asap karhutla di Kalimantan dan Sumatra menyebar ke Malaysia. Kualitas udara di beberapa wilayah kian memburuk, misalnya di Kuala Lumpur dan Selangor. 

TAG
Indozone
Ivanrida
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Ivanrida

Ivanrida

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US