The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Bedanya Gula Merah, Gula Batok dengan Gula Aren
Doktersehat
News

Ini Bedanya Gula Merah, Gula Batok dengan Gula Aren

Rabu, 26 Juni 2019 11:21 WIB 26 Juni 2019, 11:21 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian orang mungkin masih belum bisa membedakan yang mana gula merah, gula batok dan gula aren. Ya, ketiga gula ini memang terlihat mirip. Untuk membedakannya, kamu bisa memulai dari warnanya. Berikut perbedaan gula merah, gula batok dan gula aren:

1. Gula Merah

Gula merah biasanya berwarna coklat terang, jika dibandingkan dengan batok dan aren. Gula merah memiliki bentuk tabung atau ada juga yang dicetak dengan batok. Nah, gula merah biasanya sering disebut gula jawa. Gula merah dibuat dengan sari yang keluar dari batang kelapa.

2. Gula Batok

Gula batok warnanya lebih kehitaman dan biasa digunakan untuk saus ataupun kuah masakan yang memiliki warna gelap, salah satunya seperti kuah cuko pempek. Gula batok sendiri sebenarnya bersal dari nira tumbuhan aren. Berbeda dengan gula aren yang berbentuk potongan bundar, gula batok biasanya dicetak dalam tempurung kelapa dan bentuknya menjadi setengah lingkaran.

3. Gula Aren

Gula yang biasa dimanfaatkan untuk campuran makanan ataupun minuman manis ini memiliki warna coklat yang terlihat lebih gelap dari gula merah. Aroma gula aren juga lebih kuat dibandingkan dengan gula merah. Gula aren terbuat dari nira tumbuhan aren.

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Dina

Writer
Indozone Media

Dina

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US