Saat 'Sinterklas' Turun di Langit Timika

- Jumat, 29 November 2019 | 17:44 WIB
Prajurit TNI dengan topi khas Sinterklas saat disambut anak-anak Timika. (Puspen TNI)
Prajurit TNI dengan topi khas Sinterklas saat disambut anak-anak Timika. (Puspen TNI)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melanjutkan kunjungan kerja di Papua. Hari ini, Panglima TNI bersama Kapolri dan rombongan meninjau langsung Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) sekaligus bakti sosial yang dilakukan oleh Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Jumat (29/11).

Dalam peninjauan yang kali ini dihadiri pula oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan ini, Panglima TNI dan Kapolri mengapresiasi latihan sekaligus bakti sosial yang dilakukan oleh prajurit TNI. 

Latihan kesiapan operasi kali ini menekankan pada aspek penerjunanan pasukan. Dengan menggunakan dua unit pesawat C-130 Hercules, ratusan prajurit TNI bersenjata lengkap dengan ranselnya, terjun di atas langit Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua. Para peterjun ini merupakan prajurit BKO pada Kodam XVII/Cendrawasih.

-
(Puspen TNI)

 

"Penerjunan ini adalah bagian dari LKO yang digelar di wilayah Kogabwilhan III. LKO adalah salah satu jenis latihan yang diselenggarakan secara rutin oleh semua Kotamaops TNI di wilayah NKRI. Tujuannya, menguji Rencana Operasi (RO) Kotamaops TNI dalam rangka menghadapi kontinjensi di wilayah masing-masing," jelas Panglima TNI.

Panglima TNI menambahkan, LKO di wilayah Papua dimaksudkan untuk menguji RO Kotamaops jajaran Kogabwilhan III, yang meliputi Kodam XVII/Cendrawasih, Kodam XVIII/Kasuari, Komando Armada III dan Komando Operasi Angkatan Udara III. LKO di Papua juga dimaksudkan untuk menguji efektivitas Komando Pengendalian Operasi Kogabwilhan III yang baru dibentuk berdasarkan Perpres 66 Tahun 2019. 

Yang menarik, para prajurit yang terjun ini mengenakan topi Sinterklas dan tak lupa membawa karung berisi bingkisan. Ya, sesampainya di dropping zone, para prajurit ini membagikan bingkisan yang merupakan kado Natal sekaligus bakti sosial, kepada masyarakat dan anak-anak Timika, Papua yang hadir di daerah penerjunan. 

-
(Puspen TNI)

 

Usai menyaksikan penerjunan dan bakti sosial ini, Menteri Dalam Negeri, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN mengunjungi Mile 39 Timika, untuk mengecek kesiapan Satgas Pengamanan TNI-Polri di wilayah tersebut. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X