Lukisan Mozart Remaja Laku 4 Juta Euro di Balai Lelang Christie's
Lukisan Mozart remaja. (Reuters/Christian Hartmann)
News

Lukisan Mozart Remaja Laku 4 Juta Euro di Balai Lelang Christie's

Lebih dari nilai taksiran awal.

Jumat, 29 November 2019 11:02 WIB 29 November 2019, 11:02 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah lukisan potret komposer legendaris Wolfgang Amadeus Mozart muda, laku terjual hingga 4 juta euro dalam lelang yang dilakukan di Balai Lelang Christie's, Paris, Prancis pada Rabu (27/11). Dilansir Reuters, Jumat (29/11), semula lukisan ini ditaksir hanya berharga 800 ribu euro hingga 1,2 juta euro.

Karya seni ini merupakan salah satu dari empat lukisan potret musisi dan komposer asal Austria ini semasa hidupnya. Di lukis pada tahun 1770, lukisan yang masih berstatus koleksi pribadi ini, dihubungkan dengan pelukis asal Italia Giambettino Cignaroli yang diperkiran sebagai pelukisnya.

Lukisan dengan cat minyak di atas kanvas ini menggambarkan Mozart saat masih berusia 13 tahun. Ia terlihat menggunakan wig putih, dengan atasan khas bangsawan berwarna merah tengah memainkan alat musik Harpischord. Sementara, di bagian tepi terlihat chord nada musik yang dimainkannya.

“Yang sangat menarik tentang potret itu adalah skor musiknya. Ini sebenarnya hanya diketahui dari potret itu, sehingga beberapa ahli musik mengatakan itu mungkin karya Mozart sendiri, "kata Kepala Departemen Old Masters Balai Lelang Christie's cabang Prancis Astrid Centner-d 'Oultremont.

mozart, balai lelang christie
(Reuters/Christian Hartmann)

Untuk diketahui, lukisan ini dibuat ketika Mozart muda tengah menimba ilmu musik di Italia, sambil melakukan konser ke seluruh negeri. Lukisan ini diperintahkan dibuat oleh Jenderal Venetian, Pietro Lugiati beberapa hari setelah ia menyaksikan konser Mozart di Verona pada Januari 1770. Pietro Lugati diketahui merupakan penggemar dari musisi keliharan Salzburg, Austria pada 1756 dan meninggal 1791 ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU