TNI Siapkan Pesawat Hercules Untuk Angkut Mahasiswa Papua

- Senin, 9 September 2019 | 17:23 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
(photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menko Polhukam, Wiranto menyebutkan TNI akan menyiapkan pesawat Hercules untuk mengangkut pelajar & mahasiswa Papua yang eksodus pulang kampung untuk kembali ke daerah tempat belajar/menimba ilmu.

"Atas prakarsa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, akan disiapkan pesawat Hercules untuk mengangkut mereka (pelajar) ke tempat belajar sebelumnya dengan jaminan tidak ada tekanan apa pun," kata Wiranto saat membuka Rapat Koordinasi tentang perkembangan Papua dan Papua Barat, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, pihaknya akan memberi jaminan kepada para pelajar dan mahasiswa yang menimba ilmu di luar Papua tidak mendapat gangguan dan diperlakukan seperti keluarga sendiri.

Dia menyebut, pelajar dan mahasiswa Papua dan Papua Barat yang tengah belajar di luar kota, sempat pulang kampung karena para orang tua mendengar adanya tekanan terhadap anak-anak mereka.

"Para pelajar, mahasiswa yang eksodus dari daerah kembali ke Papua, telah dilakukan komunikasi dengan para orang tua. Intinya mereka kembali ke Papua dan Papua Barat dengan biaya yang diberi dari orang tua mereka," kata Wiranto.

Wiranto pun memastikan bahwa isu tersebut salah, dan para pelajar berencana kembali ke tempat mereka belajar.

"Tapi setelah disampaikan fakta-faktanya mereka menyesal kembali ke Papua, Papua Barat, isu itu tidak benar, namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka, mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, asrama tempat mereka belajar sebelum ditarik," ujarnya.

Wiranto menuturkan, saat ini kondisi di Papua dan Papua Barat sudah berangsur kondusif, dan masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa.

"Per 9 September ini, laporan yang saya terima seluruh kondisi Papua dan Papua Barat aman dan kondusif, aktivis kemasyarakatan pun berjalan normal," kata Wiranto.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X