Soal Pembebasan Lahan, Pemerintah Masih Utang ke Jasa Marga Rp5 T

- Jumat, 13 Desember 2019 | 17:18 WIB
Coorporate Finance Grup head Jasa Marga Eka Setya Adrianto (kanan tengah). (Indozone/Sigit Nugroho)
Coorporate Finance Grup head Jasa Marga Eka Setya Adrianto (kanan tengah). (Indozone/Sigit Nugroho)

Pemerintah melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) masih memiliki utang dana talangan pembebasan lahan sebesar Rp5 triliun ke PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Jasa Marga mengeluarkan dana talangan pembebasan lahan beberapa ruas tol yang digarap perseroan. Dana talangan itu akan dikembalikan oleh LMAN setelah segala persyaratan administrasi terpenuhi dan diaudit oleh BPKP.  

"Sekarang sisa outstanding kita sekitar Rp5 triliun, memang proses itu (pencairan) sudah jalan tinggal speed-nya perlu di up karena bagi kami Rp5 triliunan lumayan itu," ujar Corporate Finance Group Head Jasa Marga, Eka Setya Adrianto, di Jakarta, Jumat (14/12). 

Menurut Eka, dana talangan yang dicover Jasa Marga totalnya Rp27 triliun. Diakuinya dari jumlah itu, sebagian besar sudah dikembalikan oleh negara melalui LMAN. 

Sementara itu, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Eko Djoeli Poerwanto menanggapi hal itu. Menurutnya, proses pencairan saat ini sudah berjalan. Adapun persyaratan administrasi menurutnya sudah lengkap. 

Eko berharap BUJT-BUJT yang masih punya piutang kepada LMAN untuk tidak khawatir karena seluruhnya dijamin pengembaliannya selama segala proses dokumentasi sesuai dengan aturan. 

Ia mengungkap, sejak tahun 2016, dana talangan yang sudah dibayarkan oleh LMAN kepada BUJT sudah mencapai sekitar 70 persen. 

"Kita berharap di akhir tahun ini bisa teralisasi kalau kewenangan untuk itu memang ada di LMAN. Kalau LMAN menyediakan anggaran maka bisa diimburse, nanti kita lihat seperti apa. Tapi yang pasti pemerintah komit untuk membayarnya," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X