The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perkenalkan, 2 Benda Langit Ini Dinamakan dari Bahasa Nias, Indonesia
Instagram/@hai.ias
News

Perkenalkan, 2 Benda Langit Ini Dinamakan dari Bahasa Nias, Indonesia

Kamis, 19 Desember 2019 15:20 WIB 19 Desember 2019, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Bintang HD 117618 beserta planet yang mengitarinya yaitu HD 117618 b diberikan nama dari Indonesia. Sistem keplanetan yang berada di rasi Centaurus ini diberikan nama yang berasal dari bahasa Nias.

Berdasarkan pengumuman dari akun Instagram @hai.ias, bintang itu diberi nama Dofida dan eksoplanetnya diberi nama Noifasui.

Rasi Centaurus terletak di langit bagian selatan sehingga kamu yang tinggal di Indonesia bisa menyaksikannya dengan gampang saat malam hari. Dalam bahasa Nias, Noifasui artinya mengelilingi, sementera Dofida berarti bintang kita.

"Indonesia diamanahi IAU untuk menamai bintang HD 117618 dan planet yang mengitarinya, yaitu HD 117618 b. Sistem keplanetan ini terletak di rasi Centaurus.

"Nama Noifasui untuk eksoplanet dan Dofida untuk bintang tersebut diambil dari bahasa Nias. Dofida berarti bintang kita sedangkan Noifasui dapat diartikan telah mengelilingi.

"Jadi, planet Noifasui telah dan akan terus mengelilingi bintang kita, Dofida.." tulis akun tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Himpunan Astronomi Indonesia (@hai.ias) on

Sebelumnya, ada 251 usulan nama yang masuk untuk bintang dan planet ini. Yang ikut serta dalam proses pemilihan adalah 3.002 pemilih. Mereka pun sepakat memilih nama yang berasal dari bahasa Nias, Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US