Wali Kota Risma Berharap Anak Bangsa Bisa Jadi Pahlawan Masa Kini

- Minggu, 10 November 2019 | 12:35 WIB
ANTARA/HO-Pemkot Surabaya
ANTARA/HO-Pemkot Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berharap momen peringatan Hari Pahlawan 2019 bisa membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI," kata Wali Kota Risma saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-74 dan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Minggu. (10/11)

Menurut Risma, aksi nyata yang dimaksud seperti halnya tolong-menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita bohong (hoaks), tidak melakukan perbuatan anarkis, atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Ia pun mengatakan kalau dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, melainkan kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama bangsa di mata internasional.

Selain itu, Risma menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

"Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia," katanya.

"Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain." lanjutnya.

Lebih lanjut, ia juga berpesan mometum Hari Pahlawan ini juga harus dimaknai dengan wujud nyata. Adapun caranya dengan terus membangun negeri menuju Indonesia maju.

"Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, marilah kita terus-menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia," katanya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X