Milenial Cuma Tahu Ondel-ondel, Ini Kata Tina Toon
Anggota DPRD DKI Jakarta, Agustina Hermanto (Dok.Indozone/Nani Suherni)
News

Milenial Cuma Tahu Ondel-ondel, Ini Kata Tina Toon

Rabu, 20 November 2019 15:19 WIB 20 November 2019, 15:19 WIB

INDOZONE.ID - Mantan penyanyi cilik yang sekarang menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, Agustina Hermanto atau populer dengan nama Tina Toon ini miris karena generasi milenial dan gen Z hanya tahu ondel-ondel sebagai ikon budaya Betawi.

Ditemui usia Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) menerima saran/masukan dalam rangka penyusunan program pembentukan peraturan daerah tahun 2020, Tina menilai usulan Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) soal rumah susun di Jakarta harus mengandung unsur Betawi terbilang bagus. 

"Kadang tahunya itu cuma ondel-ondel, padahal makanan khas Betawinya, ornamen Betawinya. Makanya tadi disinggung kalau bisa kaya Bali," ujarnya kepada Indozone, di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/11).

Anggota dari Fraksi PDIP ini jelas membandingkan Bali, karena menurutnya semua bagian yang ada di Bali baik mall, bangunan dan pasarnya kental dengan nuansa Bali. Tetapi ia tidak menampik, Jakarta sebagai Ibu Kota negara akhirnya sulit untuk membendung moderenisasi.

"Masuk kemanapun di Bali ya nuansanya tetap Bali. Kalau di Jakarta karena Ibu Kota jadi moderenisasi itu cepat masuk, jadinya terlalu modern," tuturnya.

Tina sepakat bahwa Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, harus didukung dengan Perda lain. Pasalnya program ini juga masuk dalam program prioritas.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Writer
Nani Suherni

Nani Suherni

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU