Mendikbud Nadiem Makarim Masuk TIME 100 Next

- Senin, 18 November 2019 | 12:25 WIB
Antara/Indrianto Eko Suwarso
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Mendikbud), Nadiem Makarim masuk dalam daftar 100 orang rising stars versi majalah TIME atau TIME 100 Next, pada Kamis (14/11/19). Ini adalah pertama kalinya TIME merilis daftar TIME 100 Next.

TIME pertama kali menerbitkan daftar TIME 100 tentang orang-orang paling berpengaruh di dunia (TIME's 100 Most Influential People) pada 15 tahun yang lalu.

100 orang yang masuk dalam daftar tersebut dianggap telah berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, olahraga, ilmu pengetahuan, hiburan dsb.

Nadiem ditempatkan di kategori leaders bersama Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi hingga Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada.

Sebelumnya, Nadiem mengundurkan diri dari perusahaan yang dibangunnya, Gojek dan saat ini ia menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam masa kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf.

Jabatan yang diembannya tersebut membuatnya berada di posisi ke-16 di dunia sebagai pemimpin masa depan ekonomi terbesar.

"Makarim akan membawa anak muda, berjiwa wirausaha ke dalam kabinet", kata Wakil Direktur Center for Strategic and International Studies, Brian Harding.

Pemimpin Redaksi dan CEO TIME Edward Felsenthal mengatakan, TIME 100 pada 15 tahun lalu kebanyakan berasal dari orang-orang yang naik melalui struktur kekuasaan tradisional.

Contohnya seperti kepala negara, aktor, pemimpin yayasan global hingga CEO perusahaan publik. Untuk menarik perhatian internasional kini tidak memerlukan posisi itu lagi.

"Dengan masalah ini, kami meluncurkan TIME 100 Next, daftar baru yang menjadi bagian dari perluasan berkelanjutan dari franchise TIME 100 andalan kami. Meskipun fokus ini cocok untuk kelompok yang lebih muda, kami sengaja tidak memiliki batasan usia. Pengakuan terhadap kenaikan pengaruh dapat dimulai pada usia berapa pun," ujar Felsenthal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X