40 Ribu Pesanan Kamar Hotel di Bali Dibatalkan Gegara Wabah Covid-19
Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash)
News

40 Ribu Pesanan Kamar Hotel di Bali Dibatalkan Gegara Wabah Covid-19

Sabtu, 29 Februari 2020 15:40 WIB 29 Februari 2020, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Dampak virus corona (Covid-19) sudah mulai dirasakan oleh para pengusaha hotel, khususnya di Bali. Menurunnya kunjungan wisatawan ke daerah tersebut membuat para pengusaha merugi.

Bahkan, di Bali terjadi pembatalan 40 ribu hotel. Total kerugian akibat pembatalan itu disebut-sebut mencapai Rp1 triliun. Dalam 2 bulan terakhir ini, kunjungan wisatawan di Bali yaitu sebanyak 180 ribu pengunjung. Bahkan, tahun lalu terdapat 2 juta kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia.

Namun, kini jumlah pengunjung menurun drastis. Tak hanya dari Tiongkok saja, kunjungan turis dari Thailand dan Vietnam juga menurun drastis.

Sementara, untuk destinasi pariwisata yang tidak begitu terdampak virus corona yaitu di daerah pulau Jawa dan Makassar. Hal itu karena di Jawa lebih banyak turis domestik.

"Kalau Jawa lebih stabil karena turisnya relatif pergerakan domestik lebih besar," ujar Ketua Umum Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani.

Terkait melesunya sektor pariwisata, para pengusaha pun berkomunikasi dengan Otoritas Jasa Keungan (OJK), untuk meminta relaksasi dan restrukturisasi kredit pada sekotor pariwisata.

Hingga saat ini, wabah virus corona masih 'menghantui' sejumlah negara. Virus mematikan ini membawa dampak yang cukup serius. Sejumlah negara juga telah melarang turis dari Tiongkok.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Dina

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU