Banjir di Banjarmasin Meninggi Akibat Curah Hujan, Warga Diminta Waspada!

- Jumat, 15 Januari 2021 | 13:37 WIB
Warga menuntun sepedanya melintasi banjir yang merendam Jalan Prona di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (14/1/2021). (ANTARA/Bayu Pratama)
Warga menuntun sepedanya melintasi banjir yang merendam Jalan Prona di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (14/1/2021). (ANTARA/Bayu Pratama)

Banjir di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan terus meninggi akibat curah hujan sejak tadi malam hingga pagi ini. Sebagian warga mulai menyelamatkan diri dengan cara mengungsi ke posko-posko aman.

"Banyak sudah warga yang mengungsi, karena rumahnya terendam banjir yang makin tinggi hari ini daripada kemarin," ujar Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin Herliansyah dikutip Antara, Jumat (15/1/2021).

Dia menjelaskan, saat ini Banjarmasin sudah dikepung banjir, hingga sebagian rumah warga terendam, khususnya yang berdekatan dengan aliran sungai.

"Sebab hujan tidak juga reda, ditambah air laut pasang, banjir di pemukiman warga makin tinggi," tegasnya.

Herliansyah menambahkan, wilayah Kelayan di Banjarmasin Selatan semuanya terendam, diperkirakan rata-rata setinggi lutut, namun ada yang lebih. Sedangkan, di daerah Banjarmasin Permai, banjir sudah setinggi setengah meter, hingga kendaraan warga di sana tidak bisa ke luar lagi.

"Di Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara juga kita pantau hampir semuanya jalan-jalan terendam, termasuk juga ke luar Sungai Andai di Jalan Sultan Adam, itu air sudah setinggi lutut," paparnya.

Pemerintah kota, sambung dia, sudah membangun posko kesiagaan bencana banjir di setiap kecamatan, termasuk membangun juga dapur umum.

"Sudah banyak warga yang mengungsi di sana, bahkan banyak lagi yang menelpon kita untuk minta evakuasi," tuturnya.

Dia meminta warga terus waspada, sebab tidak hanya hujan dan air pasang yang dihadapi, namun juga air kiriman dari daerah lain yang kini banjir, sebab daerah Kota Banjarmasin berada di paling hilir sungai Martapura.

"Kita juga terus berupaya menyiapkan langkah-langkah untuk antisipasi dan penyelamatan bagi warga yang terdampak banjir, kita harap kondisi bisa membaik," kata Harliansyah.

Sebab, ini pertama kalinya terjadi di Kota Banjarmasin, di mana hampir seluruh wilayah terendam banjir. Banjir di Kota Banjarmasin sudah terjadi sejak Kamis (14/1/2021), sebab hujan mengguyur ibu kota provinsi Kalsel tersebut hampir 12 jam. Namun, kondisinya pada saat ini lebih parah dari kemarin.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X