Saat New Normal, BNPB Ingatkan Pemerintah Fokuskan Fasilitasi Internet

- Kamis, 4 Juni 2020 | 22:26 WIB
Ilustrasi penggunaan jaringan internet. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Ilustrasi penggunaan jaringan internet. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)

Saat new normal atau normal baru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa fasilitas internet menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi kalangan masyarakat untuk tetap beraktivitas tanpa harus bersentuhan atau menjaga jarak.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja dalam diskusi terkait normal baru yang dilakukan Divisi Humas Polri di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

"Kita telah diajari oleh virus ini supaya bekerja tanpa bersentuhan. Artinya ke depan pemerintah mestinya memfokuskan untuk memfasilitasi hal-hal yang terkait internet," katanya.

Selain itu, Wisnu juga mengatakan seluruh masyarakat mestinya mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan akses informasi. Sehingga, fasilitas seperti internet menjadi kebutuhan penting bagi mereka.

Ia mencontohkan seperti pembelajaran secara daring yang harus dilakukan siswa selama pandemi. Ia menilai tidak semua kalangan masyarakat memiliki fasilitas yang sama.

Selain itu, Wisnu juga mengatakan bahwa ke depannya harus ada materi yang dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka secara daring. Ia meminta jajaran pemerintah juga bisa belajar beradaptasi ke dunia maya. Hal itu agar pemerintah dapat menemukan kebijakan yang produktif dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X