Pertamina Upayakan Pompa Air Laut, Padamkan Api di Area Kebakaran Kilang Minyak Balongan

- Senin, 29 Maret 2021 | 21:56 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (tengah) saat meninjau kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). (ANTARA/Sugiharto Purnama)
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (tengah) saat meninjau kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Hingga saat ini pihak pertamina masih terus melakukan upaya untuk pemadaman api di area terdampak kebakaran di kilang minyak pertamina, Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

PT Pertamina (Persero) mengupayakan pemadaman tersebut dengan memompa air dari laut dengan pompa submersible dari Kilang Cilacap

"Ketika nanti api sudah bisa dipadamkan, kami baru bisa melakukan start up untuk mengoperasikan kilang. Kami harus memastikan semuanya aman," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, seperti dilansir Antara, Senin (29/3/2021).

Berdasarkan penelusuran sementara, insiden kebakaran terjadi di area tangki penyimpanan bahan bakar minyak. Kawasan yang terdampak sekitar dua hektare dari total 180 hektare lahan di Kilang Balongan.

"Kalau dilihat tadi saat kami keliling di lapangan. Area lain aman, dan hingga sore ini api sudah mulai mengecil," kata Nicke.

Lebih lanjut, dia menyebutkan dari 72 tangki di area kilang dengan total kapasitas 1,35 juta kiloliter, ada empat tangki yang terdampak insiden tersebut dengan kapasitas 100 ribu kiloliter atau sekitar tujuh persen dari total kapasitas penyimpanan di kilang Balongan.

"Kami akan melakukan upaya dengan extra effort untuk segera memadamkan api," ujar Nicke.

Menjawab kabar yang beredar di masyarakat terkait penyebab insiden, Nicke meminta semua pihak untuk menunggu hasil investigasi Pertamina dengan melibatkan aparat yang telah melihat langsung ke lokasi.

Pertamina juga mengumpulkan semua informasi, baik internal maupun dari masyarakat untuk menjadi bahan investigasi.

"Saat ini, kami masih fokus untuk penanganan dan dampak insiden. Kami memastikan masyarakat aman," ujar Nicke.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X