Juliari Batubara Akui Menyewa Pesawat Pribadi Pakai Uang Negara, Klaim Sesuai Peraturan

- Selasa, 23 Maret 2021 | 09:01 WIB
Mantan Mensos Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Mantan Mensos Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Eks Mensos Juliari P Batubara mengaku pernah beberapa kali menyewa atau mencarter pesawat pribadi dengan menggunakan uang negara.

Penyewaan pesawat tersebut disebutnya untuk melakukan kunjungan kerja atau dinas ke luar kota. Kunjungan kerja tersebut dibiayai oleh anggaran Kemensos.

"Pernah sewa pesawat beberapa kali, mungkin sekitar 3-4 kali," kata Juliari di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (22/3/2021).

"Yang saya ingat pernah ke Luwuk Utara lihat banjir, ke Natuna, kemudian ke Bali pernah sekali, ke Semarang pernah, ke Tanah Bumbu dan Malang," tambah Juliari.

Menurut Juliari, pembayaran sewa pesawat pribadi itu dilakukan oleh Biro Umum Kemensos.

"Kalau anggaran yang mengurus keperluan itu kan di Biro Umum yang membawahi Tata Usaha Menteri dan protokol tapi anggaran pastinya saya tidak paham, hanya terkait perjalanan dinas biasanya 'di-handle' biro umum," lanjutnya.

Kepala Biro Umum saat Juliari menjabat adalah Adi Wahyono yang juga merangkap sebagai Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Adi saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi dana bansos.

"Misalnya untuk sewa pesawat saya sampaikan ke sespri saya agar berkoordinasi ke biro umum, kabiro umumnya masih dirangkap Pak Adi Wahyono tapi saya tidak tahu detailnya dari mana anggarannya," ungkap Juliari.

Menurut Juliari, penggunaan pesawat jet pribadi oleh menteri sosial pun dimungkinkan.

"Dalam keadaan darurat dimungkinkan, ada aturannya di peraturan menteri yang lama tapi saya lupa nomornya," tambah Juliari.

Namun, dia mengaku tidak mengetahui sumber dana untuk penyewaan pesawat atau operasional lainnya, berasal dari fee yang dikumpulkan dari rekanan penyedia bansos Covid-19.

"Apakah pernah tahu pembayaran yang dibayarkan Pak Adi misalnya terkait biaya pesawat, acara di Labuan Bajo yang mengundang artis Cita Citata uangnya dari mana?" tanya jaksa penuntut umum KPK M Nur Azis?

"Tidak mengetahui," jawab Juliari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X