153 TKA Tiongkok Masuk ke Indonesia, DPR Minta Penjelasan ke Pemerintah

- Kamis, 28 Januari 2021 | 09:00 WIB
Sejumlah WNA dengan menggunakan baju hazmat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Sabtu (2/1/2021). (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Fauzan)
Sejumlah WNA dengan menggunakan baju hazmat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Sabtu (2/1/2021). (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebanyak 153 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok masuk ke Indonesia di tengah perrpanjangan kebijakan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Wakil Ketua DPR Azis Syamssuddin menyayangkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya kebijakan pelarangan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Indonesia yang masih tinggi.

Karena itu, Azis mendesak agar pemerintah dapat menjelaskan mengapa TKA tersebut mendapatkan pengecualian masuk ke Indonesia. Apalagi menurut dia masyarakat resah dengan masuknya para TKA itu.

"Pemerintah harus menjelaskan alasan para TKA tersebut mendapatkan pengecualian dari aturan larangan WNA masuk ke Indonesia, mengingat hal tersebut meresahkan masyarakat di tengah upaya dan usaha masyarakat dan Pemerintah berjuang menekan pertumbuhan kasus positif Covid-19 baru dan melalui Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” kata Azis, Kamis (28/1/2021).

Azis kemudian mempertanyakan jenis-jenis sektor yang akan diisi oleh TKA tersebut dan urgensi kedatangan TKA asal Tiongkok ini di tengah kondisi jutaan masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan ataupun kesulitan mencari pekerjaan baru akibat pandemi Covid-19.

"Banyak masyarakat yang menganggur mengapa diutamakan TKA, perusahaan yang bersangkutan harus lebih mengutamakan masyarakat Indonesia di saat pandemi seperti ini" tegasnya.

Lebih jauh, Azis mengingatkan agar Pemerintah dapat berkomitmen dalam menerapkan seluruh kebijakan penanganan Covid-19. Dengan demikian seluruh upaya yang dilakukan pemerintah dapat efektif dan berhasil untuk menuntaskan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Pemerintah harus dapat memastikan seluruh TKA yang masuk sehat dan tidak membawa virus Corona varian baru ke Indonesia" tandasnya.

Sebelumnya diwartakan beberapa waktu lalu, beredar foto viral yang memperlihatkan sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok berada di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (23/1/2021). 

Konon, terdapat 153 WNA Tiongkok masuk ke Indonesia melalui Bandara tersebut. Belakangan, kabar itu dibenarkan Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X