Kapten Vincent Buka Suara Soal Pesawat Sriwijaya Jatuh, Bongkar Fakta Terkait Pesawat Tua

- Senin, 11 Januari 2021 | 10:20 WIB
Kapten Vincent. (Youtube/Vincent Raditya) dan ilustrasi pesawat Sriwijaya. (Facebook/Sriwijaya Air)
Kapten Vincent. (Youtube/Vincent Raditya) dan ilustrasi pesawat Sriwijaya. (Facebook/Sriwijaya Air)

Pesawat Sriwijaya jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu 9 Januari 2021. Pesawat SJ 182 itu diketahui berusia 26 tahun. Usia yang sering disebut tergolong tua untuk pesawat komersil.

Netizen banyak yang menyoroti usia pesawat menjadi salah satu faktor penentu dalam sebuah kecelakaan.

Kapten Vincent Raditya, seorang pilot dan juga Youtuber terkenal, pun ikut memberikan pendapatnya perihal jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ812.

“Untuk Sriwijaya Air, selama ini track recordnya belum pernah kejadian (jatuh). Sementara yang lainnya, walau pun baru, ada kejadian,” kata Kapten Vincent di channel youtubenya, seperti dilihat INDOZONE pada Senin (11/01).

Captain Vincent menjelaskan, semakin baru umur pesawat, memang semakin efisien. Namun, bukan berarti pesawat baru juga tidak akan jatuh.

"Yes, most likely pesawat baru (kecenderungannya) well-maintained (dirawat secara baik). Tapi tidak bisa menjadi satu indikator di mana pesawat ini, "wah pesawat baru nih pasti enggak kenapa-kenapa, atau pesawat bekas pasti ada apa-apa, panas," enggak, enggak juga," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa banyak sekali faktor penentu terjadinya kecelakaan pesawat, bukan cuma masalah baru atau tidak.

Kapten Vincent mengatakan kalau ada pertanyaan yang ditujukan kepadanya, apakah dia akan menerbangkan pesawat tua? Jawabannya adalah iya.

“Jika ada yang bertanya apakah saya mau menerbangkan pesawat tua, saya jawab ya, selama pesawat itu mendapat perawatan yang baik,” ujarnya.

Captain Vincent mengatakan bahwa pesawat umurnya boleh saja tua, tapi kalau dirawat secara baik, saat ada kerusakan selalu diperbaiki. Menurutnya, perawatan pesawat itu bukanlah hal main-main.

Vincent pun berpesan kepada masyarakat supaya tak takut terbang dengan pesawat tua selama pesawat itu mendapat perawatan yang baik.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X