Wapres Sebut Ada Delapan Kawasan Industri Halal Sedang Dipersiapkan

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 21:09 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin. (Photo/Dok. Kip Setwapres)
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin. (Photo/Dok. Kip Setwapres)

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa nantinya akan ada delapan kawasan industri halal (KIH) yang sedang dalam pembangunan di berbagai daerah.

"Layanan sertifikasi halal akan dilakukan secara satu atap (one stop service)," kata Ma'ruf Amin saat menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis Ke-63 Universitas Diponegoro (Undip) secara daring, Kamis (15/10/2020).

Di samping itu, dia juga mengatakan bahwa pengembangan kawasan industri halal merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai cita-cita menjadi negara penghasil produk halal terbesar di dunia.

Wapres juga mengatakan Indonesia masih berkutat sebagai penikmat barang dan jasa halal. Ia menegaskan bahwa pengembangan dan perluasan industri produk halal adalah  salah satu sasaran prioritas untuk mencapai tujuan Indonesia sebagai produsen produk halal terbesar di dunia.

"Selama ini kita masih menjadi konsumen produk halal terbesar dunia, bukan produsen produk halal terbesar," jelasnya.

Ia juga berharap UMK halal tersebut dapat mendorong Indonesia sebagai eksportir produk halal ke berbagai negara. Nantinya, KIH dan Halal Hub merupakan beberapa cara yang dilakukan Pemerintah untuk memperkuat rantai nilai industri halal di dalam negeri dari hulu ke hilir, kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X