TNI Polri Lumpuhkan Tiga Anggota KKB di Intan Jaya Papua saat Hendak Merampas Senjata 

- Rabu, 17 Februari 2021 | 16:11 WIB
Pemerintah tak kompromi dengan KKB. (photo/Ilustrasi KKB/Istimewa)
Pemerintah tak kompromi dengan KKB. (photo/Ilustrasi KKB/Istimewa)

Tim gabungan TNI Polri berhasil menembak mati tiga orang kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua

Penembakan tersebut dilakukan TNI Polri saat kelompok KKB berusaha untuk merampas senjata milik Puskesmas Sugapa, Intan Jaya, Papua pada Senin (15/2/21).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kejadian tersebut bermula saat tim TNI sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan Prada Ginanjar Arianda, yang merupakan anggota Satgas Yonif R 400/BR.

Dalam pengejaran tersebut, TNI memeriksa satu orang laki-laki yang diketahui bernama Janius Bagau. Namun, saat pemeriksaan, Janius tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang.

Akibatnya, tim terpaksa menembak Janius setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkan. Janius pun mengalami luka tembakan di bagian tangan, dan berhasil melarikan diri.

Kemudian, pihak TNI mendapatkan laporan adanya seorang warga yang mengalami luka tembakan yang diduga adalah kelompok KKB, dibawa ke  Puskesmas oleh Kepastoran Gereja Katolik Bilogai bersama beberapa orang masyarakat lainnya.

TNI pun langsung mendatangi lokasi tersebut dan melakukan pemeriksaan. Dan ditemukan Janius Bagau yang saat itu sedang menjalan perawatan di Puskesmas. 

Tiba-tiba dua orang teman Janius datang dan berusaha untuk melarikan diri, dengan menyerang dan merampas senjata dari aparat gabungan TNI Polri yang berjaga di Puskesmas. 

Namun usaha tersebut berhasil digagalkan oleh petugas TNI-Polri, yang berhasil melumpuhkan mereka bertiga hingga tewas. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapen Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa, dan menyebut bahwa ketiganya merupakan kelompok KKSB dengan ditemukan beberapa barang bukti, yakni surat pernyataan perang oleh KKSB.

Dan diketahui, ketiganya juga merupakan anggota KKSB yang kerap melakukan teror dan penyerangan terhadap masyarakat dan aparat keamanan. 

Janius Bagau dan kedua temannya itu juga turut menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI-Polri beberapa waktu lalu. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X