Baku Tembak dengan KKB Tewaskan Satu Prajurit TNI, Begini Tanggapan Ketua MPR RI

- Selasa, 16 Februari 2021 | 14:30 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA/HO-MPR RI/am)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA/HO-MPR RI/am)

Insiden baku tembak antara TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali terjadi. Akibat dari baku tembak tersebut, satu prajurit TNI gugur usai terkena tembakan KKB.

Mengenai hal tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya satu anggota TNI di medan tugas demi membela bangsa dan negara.

Ia meminta agar Kepolisian dan TNI untuk bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melakukan penelusuran sekaligus pengejaran terhadap pelaku penembakan yang berasal dari KKB ini.

"Serta menindak tegas para pelaku sesuai dengan hukum positif yang berlaku, disamping mempersempit ruang gerak dari KKB. Mengingat, sepanjang tahun ini empat anggota Satgas Yonif R 400/BR yang menjadi korban KKSB di Intan Jaya, Papua," kata Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (16/2/2021).

Di sisi lain, Politikus Partai Golkar ini juga mengingatkan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan (Kemenhan) bersama TNI-Polri untuk memperkuat dan meningkatkan pengamanan di wilayah konflik tersebut.

Baca Juga: TikTok Cash Dilaporkan ke Bareskrim Polri Tekait Kasus Penipuan

"Serta mengkaji secara tepat langkah efektif dalam menumpas KKB di Papua, mengingat konflik yang berkepanjangan tersebut telah banyak merenggut korban jiwa dan meresahkan masyarakat Papua," jelas dia.

Disamping itu, Bamsoet ingin TNI-Polri terus menjaga komitmen untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan di wilayah konflik. Salah satunya adalah melakukan patroli secara gencar khususnya di objek vital dan pemukiman warga.

"Dengan menggencarkan patroli gabungan di seputaran wilayah Papua, khususnya di objek vital maupun lingkungan penduduk, guna memberikan rasa aman sekaligus mempersempit ruang gerak KKSB," tandasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X