Dishub Kota Bandung Sebut CFD Masih Belum Bisa Digelar

- Senin, 22 Juni 2020 | 23:23 WIB
Suasana masyarakat bersepeda saat penutupan jalan di Kota Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/Ilustrasi)
Suasana masyarakat bersepeda saat penutupan jalan di Kota Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/Ilustrasi)

Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlangsung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, belum membolehkan hari bebas kendaraan bermotor dan malam bebas kendaraan bermotor digelar di kota itu.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan kegiatan tersebut dinilai masih riskan untuk digelar dan sampai saat ini, pihak pemerintah juga belum mendiskusikan soal itu.

"Kita belum tau kapan (bisa digelar), masalahnya protokol kesehatannya juga kalau hari bebas kendaraan bermotor dan malam bebas kendaraan bermotor kan sulit," kata Asep di Bandung, Senin.

Di luar kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) saat ini, menurutnya, juga sudah ramai masyarakat yang bersepeda ketika akhir pekan di jalanan Kota Bandung.

"Kami masih kerepotan karena masih berdesak-desakan kemudian protokol kesehatannya juga tidak diterapkan, tidak pakai masker. Itu baru sebatas bersepeda apalagi kalau kita tutup arus lalu lintas (CFD)," katanya.

Menurutnya, diskusi mengenai persiapan CFD maupun malam bebas kendaraan bermotor (car free night/CFN), akan dilaksanakan ketika Kota Bandung sudah dinyatakan berstatus zona hijau. Sedangkan saat ini Kota Bandung masih berstatus zona kuning dan masih melaksanakan PSBB proporsional.

"Nanti kita akan bicarakan. Apakah CFD dua Minggu sekali atau di CFN satu bulan sekali, nanti kita bicarakan lagi," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X