Palestina Hilang dari Google Maps, Ini Penjelasan Google

- Minggu, 26 Juli 2020 | 13:17 WIB
Google Maps. (Google)
Google Maps. (Google)

Sejak beberapa waktu lalu, publik sempat dihebohkan dengan menghilangnya Palestina dari peta digital Google Maps. Dari info yang beredar, Google Maps dituding sengaja menghapus Palestina. Masalah ini mencuat melalui akun Instagram @astagfirollah.

Pada awalnya, akun tersebut menuliskan bahwa Palsetina telah dihapus dari peta. Namun, tak lama kemudian, ia meralat pernyataannya dan menyebutkan bahwa Palestina tidak pernah masuk dalam peta dunia.

"Gunakan suara Anda. Gunakan kekuatanmu. Ini adalah tahun yang revolusioner, dan kami akan berjuang untuk perubahan yang diperlukan untuk membawa Palestina ke peta. #FreePalestine," tulis akun tersebut.

Terkait hal tersebut, Google akhirnya buka suara. Dilansir AFP, Google mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengubah perbatasan wilayah tersebut. Juru bicara Google juga menyampaikan bahwa mereka belum pernah menggunakan label Palestina di Google.

Sementara itu, menurut seorang dosen senior di Cornell University yang fokus pada sejarah sosiologi kartografi di Israel dan Wilayah Palestina, Christine Leuenberger, Palestina tidak akan pernah masuk peta.

"Di peta, nama 'Palestina' biasanya dikaitkan dengan sejarah Palestina sebelum pembentukan negara Israel dan tidak digunakan di media mainstream Barat," kata Christine.

"Biasanya wilayah Palestina ditunjukkan melalui penggambaran garis demarkasi putus-putus yang berkonotasi dengan wilayah yang disengketakan dan wilayah (Gaza dan Tepi Barat) tetap tanpa nama. Atau, wilayah tersebut diwakili dengan garis putus-putus dan juga diberi label 'Tepi Barat' dan 'Gaza'," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X