Mahfud MD: Generasi Z Punya Banyak Kelebihan

- Jumat, 11 September 2020 | 21:52 WIB
Mahfud MD. (Foto: Instagram @mohmahfudmd)
Mahfud MD. (Foto: Instagram @mohmahfudmd)

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menilai mahasiswa yang saat ini tergolong dalam generasi Z dinilai memiliki banyak kelebihan dari dari generasi sebelumnya. Sehingga modal yang paling penting adalah sikap kritis dalam dunia akademis.

"Generasi baru UI (Universitas Indonesia) ini, generasi Z, punya banyak kelebihan dari generasi sebelumnya. Generasi ini punya kelebihan multitasking dan merupakan generasi yang sangat kritis," kata Mahfud saat berbicara secara virtual di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Seperti diansir Antara, Mahfud menyampaikan motivasi kepada 12.000 mahasiswa baru UI secara daring dalam acara Penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UI.

Menurut Mahfud, mahasiswa baru UI adalah generasi baru dari kampus yang selama ini dikenal sebagai kampus perjuangan. Maka, Mahfud menghimbau mahasiswa agar mengambil inspirasi dari sosok Soe Hok Gie karena sejak lama mahasiswa UI dan jaket kuningnya telah lama masyhur menjadi simbol pergerakan dan perubahan.

"Bagi anda semua, 'sharing is cool', bagi saya ini berarti generasi ini punya semangat berbagi, punya jiwa sosial yang tinggi. Ini generasi yang kritis dan idealis, saya yakin pasti punya semangat tinggi antikorupsi. Ini juga generasi yang 'cool' yang moderat dan terbuka, menghargai perbedaan dan keragaman dalam kerukunan hidup bernegara," ujar Mahfud.

Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam berpesan untuk menciptakan, membagikan, dan membuat kreativitas positif selama kuliah.

"Berikan inspirasi ke seluruh dunia, tentu yang sesuai dengan karakter kebangsaan Indonesia. Posting terus prestasi kalian," kata Mahfud.

Sekadar diketahui, generasi Z merupakan generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2010 masehi. Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Y, generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang. Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X