PM Pantai Gading Amadou Gon Coulibaly Meninggal Akibat Serangan Jantung

- Kamis, 9 Juli 2020 | 10:56 WIB
Amadou Gon Coulibaly. (REUTERS/Thierry Gouegnon)
Amadou Gon Coulibaly. (REUTERS/Thierry Gouegnon)

Perdana menteri (PM) Pantai Gading sekaligus calon presiden partai berkuasa pada pilpres Oktober, Amadou Gon Coulibaly, dikabarkan meninggal pada Rabu (8/7/2020). Amadou meninggal karena serangan jantung.

Amadou merasa tidak sehat selama rapat kabinet mingguan dan langsung dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak bisa tertolong lagi. Pria berusia 61 tahun itu sebelumnya sempat menjalani operasi jantung pada 2012.

Amadou sendiri baru tiba di Pantai Gading pada Kamis pekan lalu setelah berada di Prancis selama dua bulan untuk menjalani pemeriksaan jantung dan beristirahat.

"Rekan-rekan sebangsa, Pantai Gading sedang berduka. Berat rasanya untuk mengumumkan kepada Anda semua bahwa Perdana Menteri Amadou Gon Coulibaly telah meninggalkan kita," ujar Presiden Alassane Ouattara.

Kepergian Amadou seperti akan meninggalkan gejolak bagi partai berkuasa RHDP untuk menunjuk penggantinya sebagai calon presiden dalam pemilu mendatang.

Ouattara menunjuk Amadou Gon Coulibaly sebagai calon presiden dari partai RHDP pada Maret setelah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan melirik masa jabatan ketiga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X