The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bermasalah dengan Seorang Relawan, Peru Tunda Uji Klinis Vaksin Sinopharm
Ilustrasi vaksin Sinopharm. (Antara).
News

Bermasalah dengan Seorang Relawan, Peru Tunda Uji Klinis Vaksin Sinopharm

Vaksin asal Tiongkok.

Minggu, 13 Desember 2020 11:59 WIB 13 Desember 2020, 11:59 WIB

INDOZONE.ID - Peru menunda uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinopharm, salah satu perusahaan asal Tiongkok. Hal ini disebabkan karena adanya "kejadian buruk serius", yang terjadi pada salah satu relawan, demikian pernyataan pemerintah Peru pada Sabtu (12/12/2020).

Melansir Antara, Kementerian Kesehatan menyebutkan kejadian itu sedang diselidiki guna memastikan apakah hal itu terkait dengan vaksin tersebut atau apakah ada penjelasan lainnya.

Sinopharm Group, yang melakukan uji klinis di Peru dengan melibatkan sekitar 12.000 relawan, hampir menyelesaikan uji coba tahap pertama dalam beberapa hari kedepan. Sejauh ini sekitar 36.544 orang di Peru meninggal akibat pandemi virus corona.

Baca Juga: Rangkuman Vaksin Covid-19 Secara Global: Dari yang Efektif Sampai yang Bermasalah

"Keputusan untuk menghentikan sementara uji klinis merupakan langkah keamanan yang dipertimbangkan dalam aturan uji klinis sekaligus protokol yang digunakan untuk melindungi kesehatan para subjek penelitian," bunyi pernyataan Kementerian Kesehatan.

Kepala penelitian di Universitas Cayetano Heredia, German Malaga, yang langsung turun dalam riset tersebut, mengatakan seorang relawan pernah mengalami kelemahan otot di kakinya di antara gejala yang lain.

Vaksin Sinopharm sendiri sudah mulai didistribusikan ke seluruh penjuru Tiongkok. Vaksin ini juga sudah terdaftar di Uni Emirat Arab dengan kemampuan efektif sebesar 86%.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US