Beredar 'Anies Selalu Diejek Mega' di Soal Ujian Sekolah, Ini Penjelasan Disdik DKI

- Minggu, 13 Desember 2020 | 11:01 WIB
Contoh soal ujian sekolah yang berkaitan dengan nama Anies dan Mega. (Istimewa).
Contoh soal ujian sekolah yang berkaitan dengan nama Anies dan Mega. (Istimewa).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah menyelidiki terkait dengan beredarnya foto soal ujian sekolah melalui aplikasi pesan dan media sosial yang menyebutkan nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Mega yang diduga dikaitkan dengan pimpinan PDIP Megawati Soekarnoputri.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, pun telah melakukan penelusuran dan konfirmasi kepada kepala sekolah dan guru terkait mengenai pembuatan soal ujian pada sekolah yang bersangkutan

Berdasarkan hasil penelusuran dan konfirmasi itu, dijelaskan kalau soal tersebut dibuat karena terdapat unsur kompetensi pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar dan tanggung jawab.

Terkait hal tersebut, menurut Nahdiana, redaksionalnya memang memiliki kesamaan nama namun tidak ada maksud mendukung maupun mencemarkan nama baik pejabat publik.

"Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu," ucap Nahdiana dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Indozone, Minggu (13/12/2020).

Baca Juga: Pakar Hukum Yusril Ihza Sebut Langgar PSBB Tak Bisa Dipidana, Bagaimana dengan Rizieq?

"Dan telah mengarahkan Guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," tambahnya.

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada para ASN, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta untuk tetap menjaga netralitas ASN sehingga bisa memberikan pelayanan publik yang baik.

Dalam soal tersebut terdapat pertanyaan yang seolah-olah menggunakan dua nama pejabat negara. Bahkan soal itu ada indikasi perundungan sekaligus apresiasi.

"Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian Anies tidak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh...," begitulah bunyinya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X