WHO Mengkritik China Tidak Memberikan Informasi Virus Corona, Menurut Rekaman Rahasia

- Selasa, 9 Februari 2021 | 12:25 WIB
Tim WHO yang melakukan penyelidikan asal-usul virus corona (REUTERS/Thomas Peter)
Tim WHO yang melakukan penyelidikan asal-usul virus corona (REUTERS/Thomas Peter)

Organisasi Kesehatan Dunia diam-diam mengkritik China karena gagal membagikan informasi tentang virus corona di hari-hari awal pandemi, hal ini dibuktikan oleh rekaman yang bocor.

File audio rahasia mengklaim menangkap seorang pejabat yang bertanggung jawab atas tanggapan WHO terhadap virus yang mengeluh kepada rekan-rekannya bahwa China tidak terbuka dengan datanya.

Dalam rekaman itu, Dr Mike Ryan terdengar membandingkan pandemi dengan wabah SARS pada 2003 ketika China dituduh menutupi informasi yang memungkinkan virus menyebar ke seluruh dunia.

Seorang pria dengan suara yang sangat mirip dengan Dr Ryan, terdengar berkata: 'ini adalah skenario yang persis sama'.

Rekaman itu juga menunjukkan Dr Ryan mengkritik dokter China yang mengklaim tidak ada bukti jelas bahwa manusia dapat menularkan virus corona kepada orang lain.

Rekaman yang diklaim dibuat pada minggu kedua Januari tahun lalu itu dipublikasikan oleh saluran TV India WION.

Dua minggu setelah rekaman dibuat, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, secara terbuka memuji 'komitmen terhadap transparansi' China.

Jika rekaman itu terbukti asli, mereka dapat digunakan sebagai bukti mengapa WHO mengecilkan signifikansi virus pada hari-hari awal sambil mengulangi propaganda dari Beijing.

Sebuah tweet yang dikirim oleh WHO pada 14 Januari tahun lalu menggunakan ungkapan yang persis sama dari pernyataan China tentang virus tersebut.

Pernyataan itu ditiru oleh WHO, yang mengeluarkan tweet pada tanggal 14 Januari tahun lalu.

Dalam catatan tersebut, Dr Ryan diduga membandingkan situasinya dengan wabah Ebola 2018 di Kongo.

Dalam rekaman lain, pejabat WHO tampaknya mengatakan bahwa data itu diperlukan 'untuk melindungi China' tetapi konteks yang tepat dari pernyataan ini tidak jelas.

Rekaman lain diklaim adalah Dr Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk virus corona, yang mengeluh karena memiliki 'informasi yang sangat minim' tentang situasi tersebut.

Sementara rekaman lain yang diklaim adalah Dr Gauden Galea, pejabat tinggi WHO di China. Dia mengaku mengeluh bahwa WHO tidak mendapatkan rincian spesifik dari Beijing.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X