Diperiksa 12 Jam, Abu Janda Dicecar 50 Pertanyaan di Kasus 'Islam Arogan'

- Senin, 1 Februari 2021 | 21:54 WIB
Permadi Arya alias Abu Janda. (photo/Instagram/@permadiaktivis2)
Permadi Arya alias Abu Janda. (photo/Instagram/@permadiaktivis2)

Permadi Arya alias Abu Janda telah selesai diperiksa Bareskrim Polri mengenai cuitan 'Islam Arogan'. Diperiksa selama 12 jam, Abu Janda sebut dirinya dicecar 50 pertanyaan oleh penyidik.

"Saya diperiksa sudah 12 jam. Pertanyaan sudah 50 pertanyaan," kata Abu Janda di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/2/2021).

Abu Janda mengatakan, cuitan Islam Arogan itu dijelaskannya kepada penyidik untuk membalas unggahan Ustaz Tengku Zul di Twitter. Menurutnya saat itu, cuitan Ustad Tengku Zul bernada provokatif.

"Jadi saya sudah jelaskan ke bapak penyidik tadi bahwasanya yang twit saya yang bikin rame adalah twit jawaban saya kepada Ustaz Teuku Zul. Jadi twit yang saya tujukan ke Ustaz Tengku Zul," tutur Abu Janda.

"Ketika saya mengatakan arogan, itu karena saya merespons twit provokatif Tengku Zul yang mengatakan bahwa minoritas di negeri ini arogan ke mayoritas. Di situlah keluar kata arogan itu," imbuhnya.

Abu Janda menjelaskan, Islam Arogan yang dimaksudnya adalah aliran Islam tradisional yang dianut oleh Tengku Zul. Abu Janda mengaku menjelaskan hal tersebut ke penyidik.

"Dan selanjutnya ketika saya mengatakan Islam sebagai negara yang datang dari Arab, itu saya tujukan ke ustad Tengku Zul. Pembicaraan saya dengan Ustadz Zul yang dimaksud adalah Islamnya si Ustadz Teuku Zul itu, aliran yang datang dari Arab Islam tradisional itu. Jadi saya sudah jelaskan itu," terangnya.

Abu Janda menuding ada orang yang sengaja men-capture  cuitannya ke Tengku Zul secara tak utuh. Sehingga cuitannya itu dianggap memiliki arti buruk mengenai Islam.

"Ya karena balik lagi itu, twit saya tersebut ada di komentar Ustaz Tengku Zul, jadi nggak di timeline. Lalu ada yang mampir di kolom komentar men-screenshot dan memotong bagian twit Ustaz Teuku Zul. Akhirnya membuat twit aku menjadi tidak memiliki konteks, seolah-olah aku memiliki niat buruk berkomentar tentang Islam atau mengenaralisir seluruh Islam seperti itu. Padahal itu twit yang saya tujukan khusus untuk Ustaz Teuku Zul. Itu kesalahpahaman yang pengin saya luruskan," papar Abu Janda.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X