Megawati Instruksikan Kader PDIP Bantu Korban Bencana di NTT dan NTB

- Rabu, 7 April 2021 | 16:17 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (ANTARA)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (ANTARA)

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri turun tangan langsung mengkoordinasikan para kader partainya untuk terjun membantu para korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP sudah menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke wilayah yang terkena bencana, di mana Wasekjen PDIP Sadarestuwati berada di lapangan untuk memimpin koordinasinya. Kemudian Megawati ikut terjun mengakselerasi proses kerja pasca bencana ini.

"Tadi malam Ibu Megawati terus mengkoordinasikan bagaimana gerak Baguna dalam tanggap bencana di NTT," kata Hasto dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021).

Menurut Hasto, Megawati memberikan instruksi detail dalam rangka darurat bencana ini. Di mana merincinkan secara detail apa saja yang harus diberikan kepada korban bencana di sana.

Baca Juga: Terungkap! Alasan Koboi Viral di Jaktim Todongkan Senpi: Merasa Ketakutan

"Instruksi Ibu Mega sangat detail di dalam tanggap darurat penanganan bencana. Sampai Beliau menuliskan sendiri jenis obat-obatan, makanan, dan hal-hal penting yang harus dibeli untuk menolong ibu-ibu dan anak-anak,” kata Hasto.

Disisi lain, kata Hasto, Megawati juga memerintahkan agar Ketua DPD PDIP Provinsi Bali I Wayan Koster segera bergerak. Yakni membangun posko dan mengerahkan kader Baguna Bali segera diterjunkan ke NTT.

"Sebab itulah sifat dan sikap gotong royong kita menghadapi bencana," tutur Hasto.

Hasto menekankan bilamana PDIP juga terus mendorong kesadaran bahwa masalah kebencanaan ini tak hanya sekedar soal tindakan pasca bencana. Hal utama saat ini, seperti selalu diingatkan Megawati, perlu mencermati perkembangan dan dampak global warming saat ini.

Dia mengambil contoh di bencana di NTT, yang terjadi akibat anomali cuaca sehingga tercipta badai siklon tropis. Padahal, hal ini seharusnya tak terjadi di wilayah yang berada di khatulistiwa seperti Indonesia. Namun faktanya, kini itu terjadi dan diakibatkan perubahan iklim, efek rumah kaca, sehingga membawa kenaikan permukaan air laut.

"Proses ini yang membawa dampak hingga terjadi bencana ke NTT. Itulah ketika alam tak kita kelola dengan baik. Maka Ibu Megawati dan PDI Perjuangan selalu mengingatkan, bahwa dalam politik perencanaan pembangunan ,kita harus memperhatikan perubahan iklim yang dampaknya dahsyat dalam bencana lingkungan," pungkas Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X