The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 10 April: Gunung Tambora Meletus hingga Pembubaran The Beatles
Band The Beatles. (Instagram/thebeatles)
News

Peristiwa 10 April: Gunung Tambora Meletus hingga Pembubaran The Beatles

Sejarah.

Sabtu, 10 April 2021 10:44 WIB 10 April 2021, 10:44 WIB

INDOZONE.ID - Tanggal 10 April menjadi penanda sejarah bagi beberapa peristiwa penting. Mulai dari meletusnya Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga pembubaran band legendaris The Beatles.

Selain itu, ada beberapa peristiwa menarik lainnya yang patut disimak. Berikut Indozone rangkum peristiwa yang terjadi 10 April:

1. Gunung Tambora di NTB Meletus (1815)

Gunung Tambora yang berada di NTB meletus secara dahsyat. Ini merupakan salah satu peristiwa letusan gunung terdahsyat di dunia. Meletusnya Gunung Tambora membuat debunya menyelimuti beberapa pulau di Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda. Bahkan suara letusannya terdengar hingga Pulau Sumatera. Letusan Gunung Tambora menyebabkan pendinginan global yang membuat beberapa negara tidak merasakan musim panas tahun itu. Jumlah korban meninggal dari letusan gunung ini diperkirakan mencapai 71.000 jiwa.

2. Kapal Titanic Meninggalkan Pelabuhan di Southampton, Inggris (1912)

Kapal Titanic meninggalkan pelabuhan di Southampton, Inggris pada 10 April 1912. Ini merupakan pelayaran perdana kapal buatan Inggris itu. Kapal Titanic berlayar dari Inggris menuju New York City. Namun empat hari setelah keberangkatannya, kapal ini menabrak gunung es di wilayah selatan Newfoundland, Kanada. Korban tewas dari tenggelamnya Kapal Titanic diperkirakan 1.490 hingga 1.635.

3. Akihito Menikahi Michiko (1959)

Akihito yang kelak menjadi Kaisar Jepang menikahi Shoda Michiko pada 10 April 1959. Pernikahan tersebut mendobrak 2.600 tahun adat istana yang sbeleumnya kaisar selalu menikah dengan wanita keturunan bangsawan. Pernikahan ini disetujui oleh ayahnya, Kaisar Hirohito. Media menyebut kisah mereka sebagai 'dongeng yang nyata'.

BACA JUGA: Lengkap! Tarif Royalti Lagu dan Musik yang Harus Dibayar Kafe, Hotel, Hingga Karaoke

4. Paul McCartney Mengumumkan Pembubaran The Beatles (1970)

Salah satu personel The Beatles, Paul McCartney mengumumkan pembubaran The Beatles pada 10 April 1970. Keretakan hubungan antar personel ini bermula dari meninggalnya sang manajer, Brian Epstein. Sepeninggalnya Eipstein, Paul McCartney mencoba mengambil kendali, namun hal ini justru membuat personel lainnya, John Lennon, George Harrison, dan Ringo Starr tak nyaman. Saat itu rumor beredar bahwa bubarnya The Beatles disebabkan oleh istri Lennon, Yoko Ono. Namun hal ini kemudian dibantah oleh Yoko Ono dan Paul McCartney.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US