7 Bulan Lockdown, Makkah Akhirnya Dibuka Kembali

- Senin, 5 Oktober 2020 | 09:16 WIB
Potret Ka'bah saat pandemi. (Twitter/@blackjamrawori)
Potret Ka'bah saat pandemi. (Twitter/@blackjamrawori)

Selama tujuh bulan melakukan lockdown akibat pandemi virus corona, akhirnya Saudi Arabia kembali membuka tempat-tempat suci ibadah umat Islam pada bulan Oktober ini.

Dilansir Kashmirnews, Senin (5/10/2020), Ketua Pengurus Masjid Agung dan Masjid Nabawi, Abdulrahman Al Sudais telah mengarahkan pembukaan kembali secara bertahap Kompleks Raja Abdulaziz untuk Ka'bah Kiswa, Pameran Arsitektur Dua Masjid Suci dan Perpustakaan Masjidil Haram.

Pada 18 Oktober, jumlah jamaah akan ditingkatkan menjadi 15.000 per hari, dengan maksimal 40.000 orang diperbolehkan untuk menunaikan salat di masjid.

Pengunjung dari luar negeri akan diizinkan mulai 1 November, ketika kapasitas pengunjung ditingkatkan menjadi 20.000 jamaah, dengan 60.000 orang diizinkan masuk ke masjid.

Keputusan untuk membuka tempat suci ini adalah sebagai tanggapan atas aspirasi umat Islam di dalam dan luar negeri untuk melakukan ritual dan mengunjungi Makkah.

Kementerian kesehatan Arab Saudi akan memeriksa negara-negara para peziarah yang akan diizinkan masuk berdasarkan risiko kesehatannya. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X