Olimpiade 2024 Paris Fokus pada Kesetaraan Gender, Tokyo Jadi Pagelaran Pertama

- Selasa, 8 Desember 2020 | 19:06 WIB
Presiden IOC Thomas Bach. (Photo/Reuters/Du Xiaoyi)
Presiden IOC Thomas Bach. (Photo/Reuters/Du Xiaoyi)

Dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Senin (7/12/2020) memutuskan bahwa Olimpiade 2024 Paris akan berfokus pada kesetaraan gender sebagai bagian dari reformasi agenda Olimpiade.

Pihak dari IOC bertekad untuk menggelar Olimpiade dengan jumlah partisipasi atlet yang setara antara putra dan putri.

Maka dari itu, untuk mewujudkan ambisi tersebut, Olimpiade 2020 Tokyo tahun depan akan menjadi pergelaran pertama yang memberikan kesempatan yang hampir setara bagi atlet putra dan putri.

Sejauh ini, dari data yang disampaikan partisipasi atlet putri di Tokyo mencapai 48,8 persen dan akan terus meningkat di Paris 2024 sehingga jumlahnya akan berimbang dengan kontestan putra.

Atletik, tinju, dan balap sepeda untuk pertama kalinya akan menjadi cabang olahraga dengan jumlah partisipan atlet putra dan putri yang berimbang di Paris nanti. Artinya, 28 dari 32 cabang olahraga akan sepenuhnya sama rata antara pria dan wanita.

Baca juga: Putri Madonna Jadi Model Pakaian Dalam, Tampil Seksi Pamer Bokong yang 'Bohai'

Presiden IOC, Thomas Bach dalam hal ini mengatakan bahwa IOC dan Olimpiade akan mewujudkan kesetaraan gender dengan memberikan porsi masing-masing 50 persen bagi atlet putri dan putra.

“Dengan program ini, kami mempersiapkan Olimpiade 2024 Paris sebagai Olimpiade pascacorona. Kami akan terus mengurangi beban anggaran penyelenggaraan Olimpiade,” kata Thomas, dilansir dari laman Olympic, Selasa (8/12/2020).

“Meskipun kita sudah akan mencapai kesetaraan gender di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, kita akan melihat untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade, partisipasi jumlah atlet putri yang sama persis dengan atlet putra,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X