Dukung Olahraga Daring, Kemenpora Siapkan Wadah Prestasi Lewat Kompetisi Esports

- Selasa, 4 Agustus 2020 | 20:15 WIB
Mobile Legends. (Foto: Moonton)
Mobile Legends. (Foto: Moonton)

Dunia olahraga ikut terdampak Covid-19. Banyak kompetisi olahraga yang terpaksa ditunda. Untuk itu, kreativitas dalam inovasi kompetisi perlu dilakukan untuk tetap memberikan ruang ekspresi olahraga untuk tetap menghasilkan prestasi.

Menghadapi kondisi ini, cabang olahraga seperti Esports dianggap paling mampu menyikapi kondisi saat ini, karena olahraga ini berbasis teknologi daring sehingga kompetisinya tetap bisa berjalan di platform online.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto mengatakan kondisi pandemi membuat industri olahraga, baik di Indonesia maupun di negara lain, mengalami kevakuman aktivitas. Namun, justru hal ini berbanding terbalik dengan Esports yang semakin menggeliat karena bisa dikompetisikan secara daring.

“Olahraga menjadi salah satu lini yang terkena dampak luar biasa dari Covid-19. Tapi untuk esports ternyata eksistensi dan antusiasmenya tetap tinggi karena esports bisa dimainkan dengan gegap gempita penonton maupun dengan tanpa penonton. Hal ini yang membuat kami terus mendukung sepenuhnya esports,” kata Gatot dalam webinar bertajuk “Esports di Tengah Pandemi” yang berlangsung Selasa (4/8/2020).

Terkait dengan pertumbuhan dan peluang untuk memberikan wadah bagi para gamers agar tetap berprestasi dalam kondisi Covid-19 saat ini, maka Menpora bersama penggiat olahraga daring menggagas pelaksanaan Piala Menpora Esports 2020 Axis untuk para pelajar di Tanah Air.

“Piala Menpora Esports 2020 yang digagas oleh Menteri Zainudin Amali sebagai bentuk implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan esports di Indonesia. Pesan dari kegiatan ini sangat jelas, yaitu pemerintah akan selalu mendukung olahraga yang memiliki talenta dan kelak dapat mengharumkan nama bangsa,” tambah Gatot.

Kompetisi ini bertujuan melahirkan talenta-talenta muda, yang menyasar generasi muda yang masih duduk di bangku SMP, SMA dan universitas. Panitia menargetkan sebanyak lebih dari 10 ribu atlet yang tergabung dalam 2.048 tim esports.

Gelaran ini akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Di game ini, para pemain akan bertanding 5 vs 5.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X