The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Tengah Upayakan Tanggung Biaya Masyarakat yang Terdampak Usai Divaksin Covid-19
Petugas menyuntikan vaksin CoronaVac ke tenaga kesehatan. (ANTARA/Wahyu Putro A)
News

Pemerintah Tengah Upayakan Tanggung Biaya Masyarakat yang Terdampak Usai Divaksin Covid-19

Penjelasan Komnas KIPI.

Selasa, 19 Januari 2021 15:42 WIB 19 Januari 2021, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari menyebutkan, bahwa masyarakat yang telah menerima vaksin Covid-19 dan kemudian terdampak Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi akan diupayakan ditanggung oleh pemerintah.

“Yang tidak atau belum membayar iuran akan diupayakan ditanggung oleh negara yang peraturannya sekarang sedang diproses,” ungkap Hindra saat rapat dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Ia mengatakan, masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan sudah secara langsung biayanya akan ditanggung BPJS apabila memang mengalami KIPI. 

“Maka semua peserta BPJS yang memang mengalami kejadian KIPI keterkaitan atau tidak tentunya di cover oleh BPJS,” tutur dia.

Baca Juga: Huang Yanling, Pasien Covid-19 Pertama di Dunia Menghilang

Menurut Hindra, aturan tersebut nantinya bakal tertuang di dalam revisi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selain melalui Perpres, menurut dia aturan terkait KIPI termasuk di dalamnya mengenai biaya perawatan dan pengobatan pasien KIPI sudah terdapat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2017. 

Dimana di dalam pasal 31 menjelaskan pelaksanaan program vaksinasi harus menjamin keamanan, mutu, khasiat dan keamanan vaksin

“Pasal 32 harus melakukan komunikasi informasi, edukasi serta screening kepada para sasaran. Pasal 40, ini harus dibentuk komite independen untuk mengkaji KIPI yang terjadi apakah ada keterkaitan,” katanya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US