Geger Bule di Bali Bikin 'Kelas Orgasme', Akhirnya Dibebaskan Polisi, Ini Alasannya

- Minggu, 7 Maret 2021 | 10:09 WIB
Kiri: Bule yang gelar 'kelas orgasme' (dok. Kanwil Kemenkum HAM Bali) / Kanan: Ilustrasi orgasme (Pixabay)
Kiri: Bule yang gelar 'kelas orgasme' (dok. Kanwil Kemenkum HAM Bali) / Kanan: Ilustrasi orgasme (Pixabay)

Polres Gianyar, Bali tidak menahan bule Australia bernama Andrew Irvine Barnes yang sebelumnya diduga mengajarkan kelas orgasme.

Andrew membuka kelas yoga "Tantric Full Body Energy Orgasm Retreat" bersama rekan perempuannya Xia Lee. Dalam iklannya, Andrew mematok tarif US$600 (sekitar Rp8 juta) dan akhirnya viral.

"Kita konfirmasi ke pihak vila memang betul akan ada pihak yang melaksanakan kegiatan yaitu yoga, karena di sana juga ada matras dan sebagainya. Tapi pihak vila bilang satu hari sebelumnya acara dibatalkan oleh yang memesan dengan alasan situasi," kata Kasat Reskrim Polres Gianyar AKP Lusa Lusiano Araujo, dilansir Antara, Minggu (7/3/2021).

Andrew memang sempat mengunggah iklan kelas orgasme itu di media sosial, namun dihapus karena menerima respons kurang baik.
 
Dugaan awalnya Andrew melanggar asusila. Namun, dugaan tersebut belum terjadi, acara dibatalkan dan postingan sudah dihapus.

"Kita periksa untuk klarifikasi terkait postingannya yang viral itu. Saat diperiksa Andrew dan temannya merasa tidak pas dengan kata-kata yang diunggahnya, mereka juga tidak bermaksud mengatakan seperti yang dibayangkan. Mereka juga minta maaf karena kegiatan yang mau dilakukan itu yoga dan meditasi,"jelasnya.

Oleh karena tidak menemukan unsur pidana, polisi melepaskan Andrew, namun akan berkoordinasi dengan Imigrasi terkait ada atau tidaknya pelanggaran keimigrasian.

"Untuk penahanan tidak dilakukan karena memang belum ada yang terpenuhi unsur pidananya untuk dilakukan penahanan, kalau untuk yang merasa dirugikan belum ada laporannya,"ucap Lusa.

Sementara itu, Kakanwil KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan hasil pemeriksaan keimigrasian dan izin tinggal, Andrew adalah pemegang ITAS Investor dengan masa berlaku hingga 8 November 2022 dan rekannya Xia Lee yang bertugas sebagai admin kegiatan acara juga pemegang Itas Investor.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X