Video Viral Pria Alami Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game Cuma Hoaks

- Selasa, 10 Desember 2019 | 14:33 WIB
screenshoot/instagram/@ravenanandio
screenshoot/instagram/@ravenanandio

Beberapa waktu belakangan ini, publik dihebohkan dengan video seorang pemuda yang diduga mengalami gangguan jiwa karena kecanduan game online.

Video ini sendiri diunggah oleh pengguna Instagram dengan nama akun @ravenanandio pada Kamis (5/12).

Dalam video unggahan itu terlihat, seorang pembawa berita dengan menggunakan setelan jas warna abu-abu, menyampaikan berita tentang seorang pria yang mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan game online.

"Pemirsa, waspadailah dampak negatif penggunaan gadget untuk bermain game online. Baru-baru ini, dunia maya dihebohkan pemuda yang kecanduan game online melalui gawai hingga mengalami gangguan jiwa." kata pembawa acara dalam stasiun televisi tersebut.

Video tersebut memperlihatkan seorang pria dengan kaos abu-abu tengah duduk sambil senyum-senyum. Anehnya, kedua mata pria itu bergerak naik turun di waktu yang bersamaan. Jari-jari tangannya pun terlihat aktif bergerak seolah sedang memainkan gawai.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ravencapcipcup (@ravenanandio) on

"Jagat dunia maya kembali dihebohkan dengan berita Iwan Setiawan, seorang pria yang mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan bermain game online. Iwan harus menjalani terapi di Yayasan Zamrud Biru Bekasi, Jawa Barat, karena diduga suka bermain game hingga belasan jam." narasi dalam video viral itu.

"Meski dapat berbaur dengan pasien lainnya, Wawan nyaris tak dapat berkomunikasi. Matanya hanya fokus kepada jari-jemarinya, seakan sedang bermain game di ponsel pintarnya." lanjut narasi video tersebut.

Usut punya usut, video viral yang menunjukkan seorang pemuda yang diduga mengalami gangguan jiwa itu hanyalah sebuah suntingan pengguna Instagram @ravenanandio.

Sementara cuplikan video yang menampilkan seorang pembawa acara tengah membacakan berita adalah potongan gambar dari kanal YouTube salah satu media nasional. Berita yang sebenarnya dalam berita tersebut berjudul "Pemuda di Bekasi Kecanduan Game Online Hingga Gangguan Jiwa".

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ravencapcipcup (@ravenanandio) on

Video viral pemuda dengan menggunakan kaos abu-abu itu sendiri sebenarnya buatan @ravenanandio. Setelah viral, ia mengunggah sebuah video klarifikasi di akun Instagramnya.

Dalam video tersebut, pria berambut gondrong itu menyatakan bahwa matanya masih normal dan dalam keadaan baik-baik saja. Ia juga menambahkan bahwa ia bukanlah Iwan Setiawan seperti yang dijelaskan dalam video.

Pria ini mengatakan bahwa matanya yang bisa bergerak-gerak di waktu bersamaan, dibuatnya dengan menggunakan fitur Instagram, filter shuffle dance. Fitur ini dapat membuat mata penggunanya bergerak secara tak normal. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X