Franka Franklin, Istri Mendikbud Nadiem Makarim yang Lulusan 3 Negara

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 15:18 WIB
Instagram/@mamiehardo/@tuloladesign
Instagram/@mamiehardo/@tuloladesign

Nadiem Makarim menjadi perbincangan hangat banyak orang, terlebih saat namanya masuk dalam bursa calon menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pada Rabu, 23 Oktober 2019, Nadiem Makarim resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2019-2024, setelah dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta.

Di balik kesuksesan sosok Nadiem Makarim -mantan CEO Gojek-, tentu tak lepas dari dukungan besar sang istri, Franka Franklin. Menurut informasi dari berbagai sumber, Franka merupakan lulusan universitas di tiga negara yakni Hogeschool Rotterdam di Belanda, Northumbria University di Inggris, dan Raffles Design Institute di Singapura.

-
Instagram/@mamiehardo

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Franka memulai karier profesional pada tahun 2006 di sebuah agensi iklan di Singapura. Dia pernah bergabung dengan outlet penjualan jam tangan mewah di Indonesia, Time International.

Ia pun sempat bergabung dengan sejumlah institusi bisnis, seperti Kanmo Retail Group pada 2011 sebagai Manajer Grup Digital dan E-Commerce untuk beberapa brand Mothercare dan Early Learning Centre.

-
Facebook/Sari Makki Photography

Kemudian, ia menjadi Analis Merek Senior di MakkiMakki Branding Consultant, dan Chief Marketing Officer di luxola.com yang kini sudah diakuisisi oleh Sephora. Lalu, pernah bergabung dengan online fashion brand ternama yaitu Berry Benka selama hampir tiga tahun.

Franka juga diketahui pernah menjabat sebagai Specialist Communication Strategist tahun 2010 dalam organisasi Indonesia Mengajar yang didirikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

-
Franka Franklin (kanan ujung) | Instagram/@tuloladesign

Sejak 2017 hingga sekarang, Franka dikenal sebagai salah satu pemilik bisnis aksesori dan fesyen Tulola Jewellery. Tutola hadir dengan karya-karya hasil tangan (handmade) dengan mengeksplorasi tradisi perhiasan di Indonesia. Bisnis yang ia jalankan bersama aktris Happy Salma dan rekannya Sri Luce Rusna itu telah memiliki beberapa gerai di mal-mal besar.

Franka Franklin menikah dengan Nadiem Makarim pada 2014 lalu di Bali. Dari pernikahan tersebut, Franka dan Nadiem dikaruniai satu anak perempuan bernama Sorala Franklin Makarim.

-
Instagram/@mamiehardo

Meski demikian, sosok Franka Franklin termasuk pribadi yang tertutup dan kehidupan rumah tangganya dengan Nadiem Makarim jauh dari ekspos media.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X