Berbekal AI, Samsung Kembangkan Fitur Pembuat Video Dari Satu Foto

- Rabu, 29 Mei 2019 | 11:21 WIB
Screenshoot/Youtube
Screenshoot/Youtube

Samsung saat ini tengah mengembangkan sebuah fitur yang bisa membuat video dari satu foto satu wajah saja. Fitur itu dengan melibatkan sebuah teknologi teknik khusus yang dinamakan deepfake. Jadi, deepfake itu merupakan sebuah algoritma yang dipelajari lewat deep learning, yang memungkinkan kita dapat mengubah wajah seseorang dengan wajah sendiri di dalam video.

Namun biasanya untuk membuat itu, perlu menyiapkan ratusan gambar. Namun untuk deepfake tersebut, bisa dilakukan dengan hanya menyiapkan satu foto saja. Fitur itu dikembangkan dengan melibatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Pengembangan ini telah dipublikasikan dalam satu makalah berjudul Few-Shot Adversarial Learning of Realistic Neural Talking Head Model oleh peneliti dari arVix.org. Dengan menggunakan fitur ini, seseorang bisa membuat foto lukisan Monalisa seperti berbicara sungguhan.

Jadi nantinya, AI akan didesain sedemikian rupa agar bisa mengindentifikasi fitur landmark dari satu pola wajah, seperti mulut, mata, ukuran wajah, bentuk hidung, dan lainnya.

Kata peneliti, fitur ini nantinya bisa digunakan untuk membuat gim, special effect, atau pun avatar di telekonferensi.

Meski fitur ini sangat menarik dan dapat membantu para pembuat gim dan film, namun fitur dikhawatirkan akan dapat disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab, misalnya dalam penyebaran informasi palsu.
 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X