Malaysia Kehilangan Badak Sumatera Jantan Terakhir

- Minggu, 9 Juni 2019 | 12:06 WIB
photo/The Straits Times
photo/The Straits Times

Saat ini semakin banyak hewan yang terancam punah. Salah satunya adalah Badak Sumatera yang ada di Malaysia. Badak Sumatera jantan terakhir yang ada di Malaysia ini mati di tengah upaya luar biasa untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah tersebut.

Diketahui, Badak bernama Tam ini berusia 35 tahun dan tinggal di suaka margasatwa Tabin di negara bagian Sabah, semenjak ditangkap di sebuah perkebunan kelapa sawit pada 2008.

"Dengan berat hati kami membagikan berita tragis kalau Tam, badak Sumatera jantan terakhir di Malaysia, telah mati," kata Borneo Rhino Alliance (BORA).

Berdarkan keterangan dari BORA, Tam telah menderita kegagalan organ hati dan ginjal.
Christina Liew, selaku menteri negara untuk pariwisata, budaya dan lingkungan Malaysia, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa materi genetik Tam telah disimpan untuk upaya masa depan mereproduksi badak Sumatera.

Sementara itu, World Wildlife Fund (WWF) Malaysia pun memberikan penghormatan kepada jantan terakhir dari jenisnya di negara itu di Facebook.

"Kami sangat sedih karena kami tidak hanya berduka atas hilangnya satwa liar, tetapi juga hilangnya spesies," sebut WWF.

"Dengan kematian Tam, kita sekarang hanya memiliki Iman yang tersisa, badak betina terakhir kita.

"Jika kita tidak hati-hati, badak Sumatera tidak akan menjadi satu-satunya spesies yang akan punah di bawah pengawasan kita." ujar WWF.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X