Kopassus Miliki Kolam Selam Berstandar Internasional
Danjen Kopassus menyalami peserta ujicoba kolam selam Kopassus. (Pen Kopassus)
News

Kopassus Miliki Kolam Selam Berstandar Internasional

Tingkatkan kemampuan selam militer.

fauzi
Jumat, 11 Oktober 2019 17:28 WIB 11 Oktober 2019, 17:28 WIB

INDOZONE.ID - Selam militer merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh pasukan khusus. Sebab, tak jarang operasi pasukan khusus memerlukan infiltrasi ke daerah operasi dengan cara menyelam.

Untuk meningkatkan kemampuan selam militer yang dimiliki oleh personelnya, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sebagai satuan elite kini memiliki Kolam Selam Tribuana Kopassus, atau Tribuana Dive Center, yang lokasinya bersebelahan dengan Kolam Renang Tirta Yudha di Komplek Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Berdiri di atas lahan seluas 800 meter persegi, kolam selam dengan kedalaman 16 meter dan berstandar internasional ini diresmikan oleh Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Jumat (11/10). 

danjen kopassus, kolam selam, tribuna dive center
(Pen Kopassus)

"Kehadiran Tribuana Dive Center ini merupakan sarana untuk mendukung kegiatan latihan menyelam, untuk meningkatkan kemampuan selam militer guna mendukung tugas pokok Kopassus. Sehingga, nantinya prajurit Kopassus memiliki kemampuan selam militer yang mumpuni sebagai pasukan khusus," kata Danjen Kopassus.

Lebih jauh peraih Adhi Makayasa - Tri Sakti Wiratama sebagai lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1990 ini melanjutkan, keberadaan kolam selam ini juga mampu mendukung perkembangan olahraga selam di Indonesia. Mampu mencetak peselam-peselam sipil yang handal, berkarakter dan mampu bersaing di kancah internasional. 

kolam selam, tribuana dive center, kopassus
(Pen Kopassus)

"Selaku Komandan Jenderal Kopassus dan pribadi, saya berterima kasih dan menyampaikan penghargaan yang tulus kepada semua pihak, sehingga kolam selam ini mampu diwujudkan. Kedepan, semoga kualitas peselam militer dan sipil Indonesia semakin handal dan profesional," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU