Xi Jinping Telepon Jokowi, Siap Bantu Indonesia Lawan Corona

- Jumat, 3 April 2020 | 09:46 WIB
Presiden China Xi Jinping saling berkomunikasi dengan Presiden RI Joko Widodo melalui sambungan telepon (ANTARA/Biro Pers Setpres)
Presiden China Xi Jinping saling berkomunikasi dengan Presiden RI Joko Widodo melalui sambungan telepon (ANTARA/Biro Pers Setpres)

Presiden Tiongkok Xi Jinping berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo melalui sambungan telepon. Presiden Xi membagi pengalaman Tiongkok berhasil keluar dari masa sulit pandemi Covid-19.

"Terima kasih telah berbagi pengalaman," kata Presiden Jokowi kepada Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT)  dikutip Antara.

Presiden Xi Jinping menghubungi Jokowi melalui sambungan telepon di Istana Kepresidenan Bogor, pada Kamis sore. Kedua kepala negara tersebut berbincang soal penanganan pandemi virus corona.

"Penyebaran virus (Corona) ini tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu, kita harus terus bekerja sama menangani penyebaran virus ini dan saya juga sangat tidak setuju terhadap munculnya stigmatisasi. Upaya stigmatisasi ini sangat tidak bermanfaat di tengah situasi yang sulit ini," tutur Presiden Jokowi.

Sementara Presiden Xi Jinping menyampaikan rasa prihatin atas wabah Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

Ia pun berbagi pengalaman saat negaranya dalam perang melawan Covid-19 dan siap mendukung upaya Indonesia untuk melawan wabah virus corona jenis baru itu.

"Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah Covid-19," kata Presiden Xi Jinping.

Sebagai negara yang pertama yang terimbas wabah COVID-19, Tiongkok telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. 

Presiden Xi mengatakan kepada Jokowi, Tiongkok siap melakukan kerja sama dengan berbagai negara untuk memerangi Covid-19. Bahkan, dia mengaku akan memprioritaskan Indonesia.

"Indonesia akan menjadi salah satu prioritas kerja sama. Secara umum, kami siap bekerja sama dengan rakyat Indonesia, bersatu padu untuk mengatasi COVID-19," pungkas Presiden Xi Jinping.

Artikel Menarik Lainnya 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X