Warga Tolak Pemakaman Pasien Corona, MUI: Haram Perlakukan Jenazah Tidak Baik

- Kamis, 2 April 2020 | 10:35 WIB
Ilustrasi petugas memakamkan pasien virus corona (ANTARA/Muhammad Adimaja)
Ilustrasi petugas memakamkan pasien virus corona (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Di tengah maraknya wabah virus corona, terjadi beberapa kali penolakan warga terhadap jenazah korban corona di sejumlah daerah. Jenazah korban corona ditolak dimakamkan di desa setempat.

Bahkan yang terbaru, makam jenazah korban virus corona terpaksa dibongkar kembali karena warga menolak. Hal itu terjadi di Banyumas, Jawa Tengah. Video pembongkaran makam itu viral di media sosial. 

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Masduki Baidlowi mengatakan, haram hukumnya memperlakukan jenazah secara tidak baik.

"Itu ngga boleh, haram, memperlakukan jenazah dengan baik itu wajib," ujar Masduki saat dihubungi Indozone, Kamis (2/4/2020).

Ia menjelaskan, dalam kondisi tidak normal seperti saat ini di mana wabah corona tengah merebak, jenazah korban corona juga wajib diperlakukan dengan baik. Menurutnya, jenazah korban virus corona mati dalam kondisi syahid. Sebab mereka adalah orang-orang yang meninggal dunia karena terkena penyakit yang tengah wabah. 

"Orang yang mati syahid itu kan tidak dikuburkan seperti kuburan biasa. Sama seperti sekarang ini kan kondisi extra ordinary, kondisi darurat. Pasien yang terkena corona itu penguburannya secara extra ordinary juga. Prosedur kesehatannya dipenuhi dan ketika sudah dikubur, sudah tidak ada masalah itu," tuturnya.

"Orang yang terkena sakit itu saya kira mereka dalam meninggal dalam kondisi mati syahid. Kenapa? karena mereka adalah orang-orang yang tidak tahu, orang baik-baik kemudian terkena," katanya.

Sementara itu, Sekjen MUI, Anwar Abbas menyayangkan adanya penolakan jenazah korban virus corona. Seharusnya warga menerima dan menghormati penguburan makam karena sudah sesuai dengan prosedur dari pihak kesehatan.

"Untuk itu kepada masyarakat kita harapkan bila  penguburan jenazah yang aman seperti yang dikatakan oleh para ahli dan pemerintah tersebut sudah terpenuhi dan dipenuhi maka kita harus bisa menerima dan menghormati serta menyelenggarakan pemakamannya. Jangan lagi ada penolakan-penolakan karena hal itu jelas akan membuat kita susah semua," ujar Anwar Abbas kepada Indozone.

Sebelumnya video Bupati Banyumas marah kepada warga yang menolak pemakaman jenazah virus corona viral di media sosial. Akibat penolakan tersebut, pihaknya terpaksa membongkar kembali lagi makam jenazah korban virus corona tersebut dan memindahkannya ke tempat lain. Selain menolak, puluhan warga berkerumun itu juga meneriaki iring-iringan mobil ambulans jenazah.

Artikel menarik lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X