Anies: Tingkat Penularan Corona di Jakarta Masih Tinggi

- Senin, 30 Maret 2020 | 20:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan terkait penanggulangan wabah virus corona (Covid-19) dalam jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/3/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan terkait penanggulangan wabah virus corona (Covid-19) dalam jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/3/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan hingga kini tingkat penyebaran virus corona (Covid-19) di Jakarta masih mengkhawatirkan. Bahkan tingkat penularannya masih cukup tinggi.

"Tingkat penularannya masih cukup tinggi. Lonjakan kasus cukup besar," kata Anies  dalam jumpa pers di Pendopo Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (30/3/2020).

Anies mengatakan, masih tingginya angka penularan dan penyebaran Covid-19 itu, maka semua pihak harus tetap menerapkan pembatasan jarak sosial atau physical distancing untuk mencegah peningkatan kasus baru. Sebab, untuk mencegah itu semua dibutuhkan sinergitas dari semua pihak.

"Ini harus dikerjakan secara amat serius," ujarnya.

Dia menerangkan, pihaknya seiring berjalan waktu terus melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 di Ibu Kota. 

-
Petugas membawa seorang wanita yang diduga terinfeksi virus corona ke ruang isolasi di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Salah satunya ialah dengan menginstruksikan instansi terbawah mulai RT, RW, desa hingga PKK untuk melakukan identifikasi orang-orang yang sangat rentan tertular virus corona di daerah masing-masing.

"Untuk melakukan identifikasi atas kelompok masyarakat yang rentan bila tertular Covid-19. Mereka adalah warga lanjut usia di atas 60 tahun, kemudian penyandang penyakit-penyakit bawaan, misalnya ada diabetes atau penyakit jantung, penyakit paru, ada penyakit tekanan darah tinggi, itu di antaranya," jelasnya.

"Jadi, mereka bertugas untuk mengidentifikasi di lingkungannya, lalu secara khusus melakukan sosialisasi cara-cara mencegah dari penularan. Ada sebagian dari lansia yang tinggal sendirian tanpa didampingi oleh keluarganya, di situ harus ada pendampingan khusus. Dan kepada para RT, RW untuk bisa memberikan dukungan agar mereka bisa tetap bertahan di rumah tanpa harus pergi ke luar," tambah Anies.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan ini sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan Covid-19 dan warga bisa menjadi lebih waspada dalam menghadapi situasi saat ini. Pasalnya, angka kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta terus menunjukkan peningkatan dan ini mengkhawatirkan.

"Ini menggambarkan bahwa situasi di Jakarta terkait dengan Covid-19 amat mengkhawatirkan. Karena itu saya benar-benar meminta kepada seluruh masyarakat Jakarta, jangan pandang angka ini sebagai angka statistik," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X