Banyumas Siapkan Lahan Pemakaman Khusus Pasien Virus Corona

- Jumat, 27 Maret 2020 | 19:03 WIB
Ilustrasi tempat pemakaman umum (ANTARA/Budi Candra Setya)
Ilustrasi tempat pemakaman umum (ANTARA/Budi Candra Setya)

Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan lahan untuk tempat pemakaman khusus bagi pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau Covid-19 yang meninggal dunia.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan ada tiga lokasi yang disiapkan. Namun, pihaknya masih merahasiakan lokasi tersebut.

"Sudah disiapkan, ada tiga lokasi alternatif," kata Bupati Banyumas Achmad Husein saat dikonfirmasi wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (27/3/2020).

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Banyumas Deskart S. Jatmiko mengatakan lahan pemakaman tersebut disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penolakan masyarakat jika ada PDP virus corona yang meninggal dunia, terutama yang positif.

"Kami tidak menginginkan ada yang meninggal dunia. Kami berharap semuanya bisa sembuh, sehingga lahan tersebut tidak sampai digunakan untuk pemakaman," kata Jatmiko.

Jatmiko mengatakan, lahan tersebut merupakan lahan milik Pemkab Banyumas yang berlokasi di pinggiran kota Purwokerto dan di tepi Sungai Serayu yang jauh dari permukiman warga. Diakuinya, dari tiga lokasi alternatif tersebut, ada yang aksesnya melalui permukiman meskipun letaknya cukup jauh.

"Pemkab Banyumas berupaya mencari lokasi terbaik meskipun tidak berharap ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia," katanya.

Selain menyiapkan tempat pemakaman, Pemkab Banyumas bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyumas juga memberikan pelatihan tata cara memandikan jenazah pasien virus corona.

"Pelatihan tentang tata cara memandikan jenazah pasien Covid-19 digelar tadi pagi di Paviliun Abiyasa Unit Geriatri, RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto," jelasnya. (edi)

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X