The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erick Thohir Minta Metanesia Jadi Rumah untuk Produk UMKM Seluruh Indonesia
Menteri BUMN Erick Thohir (Twitter/@erickthohir)
News

Erick Thohir Minta Metanesia Jadi Rumah untuk Produk UMKM Seluruh Indonesia

Upaya adaptasi cara hidup generasi milenial.

Rabu, 03 Agustus 2022 16:00 WIB 03 Agustus 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertekad agar produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari seluruh Idonesia akan tersedia di Metanesia, ekosistem Metaverse besutan PT Telkom Indonesia. Dengan begitu, isi Metanesia bukan hanya produk-produk unik BUMN.

"Saya berharap tak hanya produk-produk unik khas BUMN yang akan tersedia melalui Metanesia, juga produk-produk UMKM seluruh Indonesia. Mari bergabung di dunia Metanesia!" kata Erick Thohir dalam unggahan di akun instagram resmi @erickthohir, Senin 1 Agustus 2022.

Sehari sebelumnya, Erick Thohir telah meresmikan peluncuran Metanesia milik PT Telkom Indonesia bersamaan dengan acara Digiland, puncak peringatan hari ulang tahun ke-57 PT Telkom Indonesia, di Istora Senayan Jakarta, Minggu 31 Juli 2022.

"Metanesia, ekosistem metaverse yang akan mendorong akselerasi digitalisasi Indonesia dari @TelkomIndonesia resmi diluncurkan," tulis Erick Thohir lebih lanjut.

Dalam video wawancaranya, Erick Thohir menegaskan, peluncuran Metanesia ini adalah bagian dari upaya beradaptasi dengan cara hidup generasi milenial, gen-z, bahkan yang lebih muda dari itu. Kelompok ini sudah menjadi mayoritas dari komposisi demografi Indonesia.

"Metanesia ini tentu didirikan untuk melihat bagaimana demografi kita yang makin muda dan cara kehidupan mereka berbeda, si generasi milenial, gen-z dan bahkan yang lebih muda lagi. Nah, kita harus lakukan adaptasi ini," ungkap Erick Thohir.

Erick Thohir yakin, Metanesia ini akan meraih kesuksesan. Yang terpenting, produk yang dihasilkan harus betul-betul unik dan bukan yang umum-umum.

"Jadi saya berharap juga Telkom jangan membuat program yang generik yang seperti biasa saja, karena sudah banyak di tempat lain. Misalnya bagaimana Bio Farma bisa menjadi akses dari kemudahan orang mengerti apa itu vaksin. Ataupun nanti dengan ekosistem kesehatan, yang kita sudah punya, Kimia Farma," ungkap Erick Thohir.

Erick Thohir
Erick Thohir Minta Metanesia Jadi Rumah untuk Produk UMKM (Istimewa)

Erick Thohir lalu memberi contoh kesuksesan yang dilakukannya di Sarinah. Setelah direnovasi dan dikhususkan untuk produk-produk UMKM, pusat perbelanjaan Sarinah kini meraih sukses besar. Kunjungannya membeludak dan produk-produk yang dikurasi sangat berkualitas.

"Kita bersama-sama membuat Sarinah yang nyata. Buktinya bisa kok. Produk kita, UMKM kita, kalau diakurasi dengan baik, sekarang luar biasa. Pengunjungnya dalam empat bulan 5 juta. Nah apalagi ini. Asal produk-produknya unik," tegas Erick Thohir.

Namun untuk bisa meraih kesuksesan itu, Erick Thohir mengingatkan, Metanesia buatan PT Telkom ini jangan sampai hanya menjadi dunia baru bagi BUMN. Sebab, menurut Erick Thohir, BUMN tidak boleh menjadi menara gading. Karena itu, harus melibatkan pihak swasta dan UMKM.

"Kita harus merangkul UMKM dan juga pihak swasta," tegas Erick Thohir.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Marghareta Anandya

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US