The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Petugas DLH Perkosa ABG di Atas Kapal, DPRD DKI Minta Pemprov Benahi Rekrutmen PJL
Ilustrasi pelecehan. (Indozone)
News

Petugas DLH Perkosa ABG di Atas Kapal, DPRD DKI Minta Pemprov Benahi Rekrutmen PJL

Selasa, 26 Juli 2022 21:33 WIB 26 Juli 2022, 21:33 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth menanggapi terkait pemerkosaan terhadap anak 16 tahun di atas kapal Dermaga Kali Adem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara yang dilakukan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Dengan adanya kejadian itu, ia meminta agar rekrutmen petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) dibenahi. Hal tersebut disampaikan Kenneth ketika rapat dengan Dinas LH DKI Jakarta.

Pasalnya, menurut Kenneth, mayoritas PJLP kerap tang diterima merupakan titipan pejabat. Sehingga, ia menilai hal tersebut bisa menimbulkan masalah apabila pegawai yang dititipkan tidak bisa dipastikan berperilaku baik.

"Kalau menurut pengalaman saya, pak Asep, ini permasalahan pada saat penerimaan. Jadi saya minta tolong, karena saya tahu lah kalau PJLP ini pasti ada yang bawa," ujar Kenneth, Selasa (26/7/2022).

Tak hanya itu, politikus PDIP ini juga menyarankan dilakukan psikotest sebagai salah satu syarat rekrutmen PJLP. Hal tersebut dilakukan guna kejadian serupa tidak terulang kembali.

Baca Juga: ABG Korban Pemerkosaan Petugas DLH DKI Belum Diberi Pendampingan Pemulihan Trauma

"Saya setuju sih memang dari awal harusnya ada psikotest. Karena kita kerja aja mau secara umum kan mau kita kantoran atau apapun harus ada psikotestnya. apalagi setelah ada kejadian seperti ini," ungkapnya.

Selain melakukan berbagai antisipasi, Kenneth mengatakan Komisi D DPRD DKI juga akan mengunjungi langsung korban pemerkorsaan itu untuk memberikan bantuan berupa dukungan moril dan materil.

"Kita nanti bakal datangin keluarga korban. Mungkin kita kasih bantuan moril atau materil. Nanti kita diskusi dulu lah dengan teman-teman komisi D dulu," tandas Kenneth.

Diketahui, pegawai penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta berinisial JP (23) ditangkap polisi dan ditetapkan tersangka karena telah memperkosa seorang remaja (16) berinisial ISP. 

Menurut kronologis yang diungkapkan Kadis LH DKI, JP dan seorang anak buah kapal berinisial SS (29) memperkosa ISP di sebuah kapal yang bersandar di Muara Angke, Jakarta Utara, 13 Juli 2022, sekitar pukul 01.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Mochamad Rezhatama Herdanu
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US