Kliring Berjangka Indonesia Dukung Upaya Erick Thohir untuk Karyawan Milenial di BUMN

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama/pri.)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama/pri.)

Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu menyampaikan, Kementerian BUMN tengah berupaya agar 80% dari total karyawan BUMN adalah kaum milenial.

Untuk saat ini, karyawan milenial di lingkungan BUMN mencapai 65%. Target ini menjadi Key Performance Indicator (KPI) yang dicanangkan dalam program transformasi BUMN, dan terus didorong untuk bisa terealisasi.

Terkait dorongan Erick Thohir untuk karyawan milenial, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) Fajar Wibhiyadi, mengatakan, pihaknya mendukung upaya Kementerian BUMN terkait karyawan dari generasi milenial.

"Untuk saat ini, dari 50 Karyawan yang ada di KBI 75% nya adalah generasi milenial. Kedepan tentunya KBI akan terus meningkatkan prosentase generasi milenial untuk menuju 80%," ujar dia, Senin (20/6/2022).

Bagi KBI, tentunya tidak terjebak dalam jumlah karyawan milenialnya, namun lebih dari itu tantangan yang ada adalah bagaimana mempersiapkan karyawan generasi milenial ini menjadi talenta-talenta unggul yang memiliki kompetensi dan menerapkan value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), sehingga siap untuk menjadi leader-leader di masa mendatang.

Generasi milenial sendiri merupakan generasi yang lahir di rentang 1980 sampai dengan 1996. Berdasarkan data BPS 2021, generasi milenial Indonesia mencapai 69,38 Juta jiwa, atau 25,87% dari total penduduk Indonesia.

-
Kliring Berjangka Indonesia Dukung Upaya Erick Thohir untuk Karyawan Milenial di BUMN (Istimewa)

Baca juga: Demi Raih Target yang Diinginkan, Elon Musk Minta Twitter Tiru WeChat dan TikTok

Terkait generasi milenial, riset yang dilakukan Alvara Research Center menyebutkan bahwa generasi milenial menyimpan potensi besar untuk bisnis.

Dalam kesehariannya, generasi ini memiliki perilaku yang kecanduan internet, kencenderungan melakukan transaksi non tunai, kemampuan multitasking, kerja cepat dan cerdas yang didukung teknologi, serta gemar berwisata. Namun, ada sisi lain dari generasi milenial yaitu memiliki loyalitas yang rendah.

Untuk itu, ruang kerja dibuat lebih terbuka, dan juga disiapkan ruangan yang memungkinkan karyawan bisa bekerja dengan nyaman.

“Harapan kami kedepan generasi milenial yang saat ini ada di KBI, akan mampu mengambil tongkat estafet kepemimpinan di korporasi. Apalagi dengan adanya regulasi baru bahwa yang menjadi Direksi tidak harus pensiun, tentunya ini menjadi peluang besar bagi generasi milenial KBI untuk menduduki pucuk pimpinan di korporasi”.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X